Di Tengah Pandemi, Jasco Bersama Metindo Perkenalkan ZN 208 J

 Di Tengah Pandemi, Jasco Bersama Metindo Perkenalkan ZN 208 J

Hanapi Nurmawan – Sang Pelopor Plating Modern di Indonesia saat berbincang-bincang dengan awak Jayakarta News. (Foto. Supriadi)

Jayakarta News – “Terima kasih kepada rekan-rekan sampai saat ini masih tetap berlanjut bisnis ke electro plating sehingga Indonesia bisa dikenal sampai tingkat international, dan juga memperkenalkan hasil karya anak bangsa,”demikian sambutan Hanapi Nurmawan mewakili PT. Metindo Perkasa saat pembukaan seminar tentang perkembangan pengetahuan pelapisan logam, Rabu, (22/7) di Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Hanapi berharap agar kegiatan-kegiatan seperti ini, tentang perkembangan pengetahuan plating dapat berkesinambungan di kemudian hari, supaya para pelaku bisnis pelapisan logam di tanah air tidak tertinggal dari negara-negara lain.

Seminar berlangsung dalam tatanan protokol kesehatan. Dilakukan secara webinar (istilah umum dalam kegiatan seminar yang dilakukan secara daring, menggunakan situs web atau aplikasi tertentu berbasis internet). Selain itu, jumlah peserta terbatas, peserta dicek dengan rapid test, wajib menggunakan masker, cuci tangan pakai hand sanitizer dan para jaga jarak (physical distancing) antara satu peserta dan peserta lain.

PT. Metindo Perkasa dan PT. Jasco Chemicals Indonesia bersama ASPINDO (Asosiasi Plating Industri Indonesia) merupakan pihak penyelenggara seminar secara Webinar. Sementara pesertanya terdiri dari QT AHM Team Improvment (9 orang) dan Proc AHM Team Improvment (9 orang) serta 50-an vendor-vendor di bawah Honda.

Hanapi Nurmawan (kiri) menyampaikan sambutan di acara webinar, Rabu (22/7) di Jakarta. (Foto: Supriadi)

Selaku pihak penyelenggara, PT. Metindo Perkasa terlihat telah menata tempat/ruang pertemuan sedemikian rupa. Sejumlah kursi yang mengitari satu meja masing-masing berjarak satu meter, dan diperuntukkan bagi tujuh orang yang bisa bertatap muka secara langsung, lima orang dari pihak PT. Metindo Perkasa, dua orang pihak PT. Jasco Chemicals Indonesia, dan satu orang dari ASPINDO, ketepatan juga berkedudukan di PT. Metindo Perkasa.

“Hari ini operation antara PT. Metindo Perkasa dengan PT. Jasco Chemicals Indonesia dan ASPINDO, sharing ini dilakukan secara web di masa Covid-19. Pertama planning, tetap sharing ke vendor-vendor Honda dengan cara Webinar,” tutur Rony Hakim Nurmawan, President Direktur PT. Metindo Perkasa. Rony menjelaskan bahwa PT. Jasco adalah maker/supplier Chemicals tipe ZN 208 J, sedangkan PT. Metindo Perkasa sebagai distributor.

Seminar tersebut lebih menyoroti perkembangan Zinc Nikel Plating, atau berbagi pengetahuan tentang pelapisan logam. Intinya, PT. Jasco Chemicals Indonesia bersama PT. Metindo Perkasa memperkenalkan kepada Honda produk chemicals tipe baru, New Zn-Ni alloy plating – “ZN-208J”. Tipe ZN-208J merupakan perpaduan dua bahan logam yang berbeda, Zing dan Nikel disatukan menjadi satu bahan.

Menurut Manager Technical Sales PT. Jasco Chemicals Indonesia, Jainurahman, tipe ZN-208J ini bisa dibilang tipe yang baru secara kontrol lebih stabil dan lebih mudah. “Sekarang kan banyak plating chemicals, sharing secara aktual banyak permasalahan di lapangan. Karena itulah dibuat konsep yang melatarbelakangi pembuatan produk baru, tipe ZN-208J,” jelas Jainurahman.

Kata Jainurahman, dibandingkan dengan plating chemicals lainnya, seperti produk Jasco sebelumnya ZN-205 (konvensional), tentu ZN-208J memiliki keunggulan tersendiri. Setidaknya, benda/barang yang menggunakan sentuhan ZN-208J lebih berkualitas, masa pakai atau life time benda/barang lebih panjang, dan permukaan benda/barang tersebut tampak lebih cemerlang. Sedangkan menggunakan sentuhan ZN-205 kualitas benda/barang hasilnya kurang maksimal.

Hanapi Nurmawan menegaskan, ZN-208J merupakan perpaduan dua unsur logam yang berbeda dijadikan satu, yaitu Zing dan Nikel, biasanya kedua unsur ini berdiri sendiri-sendiri. Kualitas benda/barang dengan menggunakan pelapisan logam tipe ZN-208J tentunya lebih baik dan lebih awet masa pakai benda tersebut.

Di samping itu, limbahnya juga lebih kecil/rendah jika dibandingkan menggunakan unsur plating chemicals lain. “Bisnis plating harus tetap memperhatikan sisi lingkungan hidup. Jadi gunakan bahan-bahan pelapis logam dengan metode yang bisa memperkecil limbah perusak lingkungan,” saran Sang Pelopor Plating Modern di Indonesia itu, dan juga pendiri ASPINDO.

Rekanan PT. Metindo Perkasa

Dengan bahasa Indonesia yang patah-patah, President Direktur PT. Jasco Chemicals Indonesia, Toshiaki Nakahara mengutarakan bahwa PT. Jasco Chemicals Indonesia berdiri pada Agustus 2012, dengan konten bisnis pembuat dan penjual bahan kimia industri, dan salah satu anak perusahaan Nippon Hyomen Kagaku Kabushiki Kaisha (Jasco Japan) yang berdiri sejak lima puluh tahun lebih.   

Jasco Chemicals Indonesia sepenuhnya didukung oleh Jasco Japan dalam memproduksi bahan kimia di Indonesia. Untuk tipe ZN-208J baru diproduksi pada 2019, pangsa pasar meliputi Jepang dan China. Sedangkan di Indonesia diperkirakan baru mulai dipasarkan pada September atau Oktober 2020. “Sekarang ZN-208J baru tahap diperkenalkan bagi pangsa pasar di Indonesia, Jasco dan Metindo yang memperkenalkan,” kata Nakahara. (Monang Sitohang) 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *