Connect with us

Kabar

Di Bandung-Cimahi, Anang Setia Sumarsono, M.Si. Ingat Bung Karno

Published

on

Bung Karno, inspirasi perjuangan Anang Setia Sumarsono, MSi, caleg DPR RI Dapil Jabar 1 (Kota Bandung - Kota Cimahi) dari Partai PDI Perjuangan. (ist)

BANDUNG, JAYAKARTA NEWS – Ingat Bandung, ingat Bung Karno. Itu yang dirasakan Anang Setia Sumarsono, M.Si. saat ditugaskan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto menjadi Caleg DPR RI Dapil Jabar 1 (Kota Bandung dan Kota Cimahi) nomor urut 2.

Pilihannya menyalurkan aspirasi politik bersama PDIP sejak 2018, lebih karena ia mengagumi sosok Proklamator Bung Karno. “Partai ini kental dengan ideologi Pancasila dan nilai-nilai yang diajarkan Bung Karno,” tutur Anang, putra kelahiran Lampung yang kini akrab blusukan di Bandung – Cimahi, itu.

Sebagai kader PDIP dan ditugaskan nyaleg dari Jabar 1 (Bandung – Cimahi), Anang merasa wajib bekerja keras. Ia ingin menunjukkan bahwa sosok Bung Karno sangat lekat dengan Bandung – Cimahi. “Terlalu banyak kisah dan sejarah heroik Bung Karno di sini. Bandung adalah kawah candradimuka Bung Karno saat terjun ke politik praktis memperjuangkan kemerdekaan bangsanya,” tegas Anang.

Dukungan Masyarakat Kota Bandung dan Kota Cimahi (Jabar 1) Kepada Caleg DPR RI PDI Perjuangan No. 2 , Anang Setia Sumarsono, M.Si. (foto: ist)
Ziarah di makam Pak Marhaein di Batununggal Indah Bandung.

PNI, partai yang didirikan Bung Karno Juli 1927 dideklarasikan di Bandung bersama Gatot Mangkupraja dan Maskun Suriadiredja. Kisah Indonesia Menggugat, serta endapan pemikiran selama di penjara Banceuy dan Sukamiskin, telah mematangkan jiwa Sukarno di bumi Parahyangan.

Bahkan di Bandung jugalah Bung Karno bertemu dengan Pak Marhein, seorang petani sederhana dengan segala keterbatasannya dengan lahan dan alat yang seadanya. Sehingga hasilnya juga hanya sekadar cukup untuk dirinya. Kemudian Bung Karno mejadikannya suatu faham yang disebut Marhaenisme.

Kelak, lahir Trisakti. Ajaran mulia yang mengarahkan biduk bangsa dan negara ini berdaulat secara politik, berdikari di bidang ekonomi serta berkepribadian dalam berkebudayaan. Inilah yang kemudian menjadi tekad Anang dengan Visi- nya: “Mewujudkan Trisakti Bung Karno di Dapil Jabar 1 pada periode 2024 – 2029”.

Visi Misi Anang

Untuk mewujudkan visinya tersebut, misi yang akan dilakukan Anang untuk; Pertama “Berdaulat Secara Politik” adalah dengan melakukan pemuridan politik kepada masyarakat bersama Pengurus Anak Cabang, Ranting hingga Anak Ranting PDI Perjuangan Dapil Jabar 1.

Kedua “Berdikari Secara Ekonomi” dengan menghubungkan berbagai program pemerintah/BUMN dalam pengembangan dan pembinaan Koperasi dan UMKM Dapil Jabar 1. Ketiga “Berkepribadian dalam kebudayaan” dengan melestarikan dan mengembangkan Budaya Dapil Jabar 1 bersama Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan.

“Kebetulan, saya masuk PDI Perjuangan mulai dari Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan. Di badan ini ada Ketua Aria Bima, Sekretaris Rano Karno. Saya menjadi Kepala Biro Analisis dan Evaluasi,” ujar Anang.

Besama Aria Bima, Kepala Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan.
Bersama Rano Karno dan Tina Toon saat mengisi acara BKN PDI Perjuangan pada HUT Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan.

Bersama PDI Perjuangan, ilmu komunikasi yang ia dapat di FISIP UI teraplikasi dengan baik. Alhasil, semua pengalamannya kini menjadi modal untuk blusukan di 30 kecamatan yang ada di Kota Bandung, serta 3 kecamatan di Kota Cimahi. Total ada 165 desa yang ia sambangi untuk menunjukkan kehadirannya baik fisik, pemikiran, maupun loyalitas (kesetiaan) kepada warga (calon) pemilih.

Dibantu organ PAC dan Ranting PDI Perjuangan, Anang berupaya mengatur jadwal kampanye yang lebih singkat dibanding Pemilu 2019. “Lama dan pendek waktu hanya soal hitungan waktu. Percuma waktu lama, kalau kita tidak turun. Sebaliknya, sependek apa pun waktu kampanye, kalau kita memang berniat turun ke bawah, dan mau melakukan, maka tidak ada yang tidak mungkin. Itu yang saya coba lakukan, turun dan turun ke bawah,” ujar Anang Setia Sumarsono, mantap. (rr/a)

Besama Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto yang mengutus Anang Setia Sumarsono, M.Si menjadi Caleg DPR RI di Dapil Jawa Barat 1 (Kota Bandung – Kota Cimahi).