Destinasi Seribu Taman

 Destinasi Seribu Taman

SETIAP daerah memiliki daya tarik berbeda-beda. Begitu juga Kabupaten Purwakarta. Guna meningkatkan daya tarik pariwisatanya, belum lama ini, diresmiskan Air Mancur Taman Sri Baduga oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Lalu,apa kelebihan Air Mancur Taman Sri Baduga ini dibandingkan Air Mancur di tempat lain?

Air Mancur Taman Sri Baduga merupakan pengembangan dari Situ Buleud yang dibangun sejak 2013 dan mulai diresmikaan tahap pertama Januari 2014. Air Mancur Taman Sri Baduga dipercantik dengan pencahayaan lima warna dominan; biru, merah, kuning, hijau dan ungu yang menggambarkan keragaman suku, ras, agama, dan budaya yang dibingkai dalam Bhineka Tunggal Ika dan falsafah Pancasila. Bukan hanya itu, di tengah air mancur akan dibuat 1.000 patung di antara patung badak untuk menceritakan di Situ Buleud ini dahulu konon sering dijadikan sebagai tempat berendam badak.

Aneka warna lampu Taman Sribaduga

“Keberadaan Taman Sri Baduga ini melengkapi Purwakarta sebagai destinasi 1.000 taman dari yang  tradisional seperti Taman Pesanggrahan Padjajaran sampai taman modern seperti Taman Wakuncar. Bahkan Air Mancur ini merupakan air mancur terbesar di Asia Tenggara,” kata Bupati Purwakarta H. Dedi Mulyadi.

Dalam penilaian Menpar Arief Yahya, pembangunan Air Mancur  Taman Sri Baduga ini meningkatkan unsur 3 A (Atraksi, Amenities, dan Aksesibilitas). Menpar berharap, dengan diresmikannya taman ini, akan meningkatkan jumlah wisman dan wisnus ke Purwakarta. Apalagi, lokasi Purwakarta tidak jauh dari Jakarta dan Bandung.

Menpar Arief Yahya

Menurut data, per November 2016 sebanyak 903.885 (terdiri  1.280 wisman dan 902.605 wisnus) datang ke Purwakarta.  Kunjungan wisman ke Purwakarta, menurut Menpar, memberikan arti penting terhadap kontribusi kunjungan wisman secara nasional pada Januari-November 2016 sebesar 10.405.947 atau meningkat 10,46% dibandingkan periode yang sama tahun 2015 sebanyak 9.420.240 wisman.

“Posisi pariwisata Indonesia dibandingkan negara-negara ASEAN cukup bagus. Pertumbuhan pariwisata kita di atas Malaysia yang pada Januari-Agustus 2016 tumbuh 3,6%, namun masih di bawah  Thailand pada Januari-Oktober 2016 tumbuh 11,3%, sedangkan pariwisata Singapura pada  Januari-September 2016 tumbuh 9,4%,” kata Arief Yahya lagi. ***

Digiqole ad

Related post

1 Comment

  • Propin si Jawa barat sejak beberapa tahun lalu sedang giat mengebangkan tempat wisata gunakan menaikan PAD dari sektor Wisata. Purwakarta merupakan kota Kabupaten yang paling dekat dengan kota jakarta dan Bandung dimana kotaini sudah banyak menghasilkan pemasukan daerah dari Pariwaisata dan meningkatkat tenaga kerja.namun dari tempat – tempat wisata yang ada , infrastrukan jalan dan transportasi yang belum cukup memadai sehingga sulit untuk berkembang, karean akses trasnportasi yang belum memadai. untuk pemerintah Daerah terkait dapat memperhatikan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *