Desi Fatmawati, Juara Lomba Video Singkat Jayakarta News

 Desi Fatmawati, Juara Lomba Video Singkat Jayakarta News

Desi Fatmawati. (foto: IG desifatma)

JAYAKARTA NEWS – Vloger Desi Fatmawati asal Tangerang, Banten keluar sebagai Juara I Lomba Video Singkat, yang diselenggarakan Jayakarta News Channel bekerja sama dengan komunitas Ruang Hidup. Lomba ini diselenggarakan pada tanggal 9 – 27 November 2021, dengan tema “Pahlawan Covid-19”.

Ketua Panitia Lomba, Vera Rosdiani mengatakan, animo peserta meningkat, dibanding lomba yang sama bulan lalu, dengan tema “Iman-Aman-Imun”. “Keseluruhan peserta meningkat, mencapai 33 peserta. Sayang, dari jumlah itu, dewan juri hanya menilai 24 karya. Sisanya didiskualifikasi karena melanggar deadline,” ujarnya.

Lomba ini diselenggarakan sebagai media sosialisasi kepada publik untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir. Tema “Pahlawan Covid-19” dikaitkan dengan momentum Hari Pahlawan 10 November. “Kami tidak mematok kriteria terlalu jelimet, dengan harapan peserta mampu mengembangkan ide dan gagasannya menyesuaikan dengan tema,” tambah Vera.

Penyelenggara lomba, Jayakarta News adalah salah satu media independen yang konsisten mewartakan sosialisasi protokol kesehatan di era pandemi. Tidak saja melalui pemberitaan, tetapi juga melalui tayangan video di akun YouTube Jayakarta News Channel.

Tak heran jika media yang dipimpin Roso Daras ini, menjadi salah satu media penerima bantuan dana dari Google Initiative melalui program Journalisme Emergency Relief Fund tahun 2020, sebesar 5.000 dollas AS. Sebuah program bagi media massa yang dinilai konsisten menyuarakan sosialisasi Covid-19.

Terkait lomba video singkat “Pahlawan Covid-19”, bertindak selaku Ketua Dewan Juri, Sri Iswati, Redaktur senior Jayakarta News, pemenang penghargaan jurnalistik Adinegoro 2018 kategori siber. Anggota juri yang lain adalah Desy Oktav, Reno Muhammad, dan Vera Rosdiani.

Berturut-turut, pemenang terdiri atas juara 1, 2, 3: Desi Fatmawati (Tangerang), Prawira Dijaya (Banyuwangi), Tegar Faris Wicaksono (Batam). Adapun lima peraih hadiah hiburan adalah: Axel Diandra (Surabaya), Veri Muamar (Purwokerto), Triyono (Tangerang Selatan), Rosa Widya Safitri (Jember), dan Raga Dwi Ardiansyah (Pekalongan).

Pemenang 1, 2, 3 berhak atas hadiah uang senilai Rp 750.000, Rp 650.000, dan Rp 550.000. Sedangkan Lima pemenang harapan masing-masing menerima hadiah Rp 200.000. Semua pemenang mendapatkan e-sertificate.

Selesai menggelar lomba video singkat “Pahlawan Covid-19”, panitia yang sama kembali membuka pendaftaran untuk lomba sejenis periode Desember 2020. Temanya adalah “Holiday From Home”. “Pengumuman sudah kami sebar melalui akun medsos,” ujar Vera.

Melalui tema lomba HFH tadi, diharapkan bisa membantu pemerintah melaksanakan sosialisasi Holiday From Home. Mengingat, Desember adalah “bulan liburan akhir tahun”. Diharap, masyarakat menahan diri untuk tidak bepergian ke tempat-tempat wisata. “Jangan sampai, habis senang-senang, terpapar corona,” ujar Vera, mengingatkan. (rr)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *