Deklarasi 1000 Kader Koperasi Warnai Harkop 2022

 Deklarasi 1000 Kader Koperasi Warnai Harkop 2022

Plt Bupati Iwan Setiawan foto bersama usai apel Hari Koperasi ke 75 di Halaman Kantor Dinas Koperasi dan UKM di Cibinong, Bogor/foto: iswati

JAYAKARTA NEWS— Hari koperasi (Harkop) di Kabupaten Bogor selalu diperingati dengan pelbagai acara. Kali ini dilaksanakan dengan upacara di halaman  Kantor Dinas Koperasi dan UKM  di Cibinong Bogor. Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan bertindak selaku pimpinan upacara. 

Rangkaian upacara tidak hanya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan Mars Koperasi, tapi juga pembacaan teks Pancasila dan UUD 45. Apel peringatan Harkop ke-75 ini juga ditandai dengan Deklarasi 1000 kader koperasi yang dibacakan ketua Dekopinda Kab. Bogor Pepi Januar Pelita.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam sambutannya yang dibacakan Iwan Setiawan antara lain mengatakan, Kemenkop mendukung penuh agenda penguatan ekonomi, khususnya oleh koperasi dan UKM. Koperasi sebagai agregator dan akselerator usaha UMKM anggota, terus dimodernisasi, yang diakselerasi melalui Program Akselerator Koperasi Modern untuk memilih 150 koperasi di berbagai sektor dengan dukungan berupa fasilitasi tenaga pendamping, akses pemnbiayaan dari LPDB-KUMKM dan Bank Himbara, kemitraan, offiaker/supplier, serta teknologi dan inovasi yang relevan.

Fokus pemberdayaan koperasi saat ini menyasar sektor riil, sebagai sektor yang memiliki koefisien tumbuh tinggi dan potensi nilai tambah yang besar. Sejalan dengan program yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024, saat ini dikembangkan korporatisasi petani dan nelayan (pangan) berbasis koperasi. Pengembangan koperasi pangan juga guna mendukung kemandirian pangan nasional berbasis keunggulan komoditas lokal.

Beberapa pilot projects yang sedang dijalankan sebagai manifestasi program pengembangan koperasi pangan modern, yaitu:

a.         Pengembangan budidaya dan hilirisasi kacang koro, sebagai substitusi kacang kedelai yang sebagian besar masih diimpor;

b.        Hilirisasi sawit rakyat berbasis koperasi untuk melakukan pengolahan minyak makan merah sebagai alternatif minyak goreng;

c.         Pendampingan bagi koperasi perikanan untuk memperbaiki tata kelola manajemen usaha dan peningkatan kapasitas produksi, perluasan akses pasar, dan peningkatan nilai tambah produk olahan perikanan;

d.        Pendampingan bagi koperasi pengelola Rumah Produksi Bersama (RPB) pada beberapa komoditas seperti minyak nilam, jahe, kayu/rotan, kelapa, dan daging sapi. Melalui RPB diharapkan terjadi standarisasi produk, sehingga UMKM yang tergabung memiliki produk dengan kualitas sama dan terbaik.

Menjalankan Prinsip2 Koperasi

Ketua Dekopinda saat membacakan deklarasi koperasi menegaskan  pernyataan tekad para anggota Gerakan serta kader koperasi di Kabupaten Bogor untuk menjadi anggota koperasi yang setia menjalankan prinsip-prinsip berkoperasi.

Data koperasi tahun 2021 di Kab Bogor sebanyak  1779 koperasi, namun yang  aktif  hanya  663 (38,30 %).  Tidak aktif            1.096 (61,61%). Dan  koperasi yang sehat  137 (5,42 %) dari koperasi aktif.

Ada enam poin dalam deklarasi, dan tiga poin penting  diantaranya; Kader koperasi akan senantiasa menjaga harkat dan martabat  Gerakan  Koperasi melalui komitmen pada jati diri koperasi;  Akan senantiasa menggelorakan semangat gerakan berkoperasi          di seluruh wilayah Kabupaten Bogor, serta akan mendorong  Gerakan sinergi dan kalaborasi dengan semua pemangku kepentingan menuju terwujudnya UMKM berkoperasi

Mitra Koperasi

Guna mengembangkan koperasi dan meluaskan jaringan, Dekopinda dalam acara  Riung Mungpulung usai apel Hari Koperasi juga mengadakan pertemuan dengan mitra kerjanya. Dalam kesempatan itu  hadir mitra dari BPJS Ketenagakerjaan. Terkait seluk beluk jaminan sosial Ketenagakerjaan dipaparkan oleh Dedi Mulyadi dari BPJS Kabupaten Bogor, serta mitra lainnya adalah dari Perusahaan Madu Nusantara, Surakarta.

Menurut rencana Dekopinda hari Rabu ini akan menghadirkan mitra dari Bank Rakyat Indonesia Cabang Cibinong terkait  Expose Produk dan peluang kerjasama. Ini merupakan kerjasama lanjutan antara Dekopinda dan BRI terkait penggunaan platform digital, yakni BRI-Smartcoop. (isw)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.