“Wisata Pungli” di Curug Bidadari

 “Wisata Pungli” di Curug Bidadari

TERSEBUTLAH objek wisata bernama Curug Bidadari. Lokainya di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Relatif mudah dijangkau dari ibu kota maupun dari kota Bogor. Arahkan kendaraan ke tol Jagorawi, keluar tol di pintu Sentul Selatan. Dari sana, belok ke kiri arah Rainbow Hill, sampai menemukan papan petunjuk Curug Bidadari.

Wisata air terjun ini, awalnya bernama Curug Bojong Koneng, karena letaknya di Desa Bojong Koneng. Ia berubah menjadi Curug Bidadari setelah dikelola swasta, Sentul Paradise Park, yang berkantor di Ruko Plaza Amsterdam, Sentul City.

Wisata ke Curug Bidadari, jika tidak longgar hati, pasti berpikir tentang “wisata pungli”. Betapa tidak, untuk menikmati objek wisata air terjun ini, berkali-kali pengunjung haris bersedia dipalak, bahasa kasarnya. Pungli pertama dijumpai di sebuah jalan simpang tiga, tepatnya di jalur yang menuju objek wisata. Sepeda motor dipungut Rp 2.000, mobil Rp 5.000.

Dari pertigaan, jalan menurun dan berbatu. Untuk jarak satu kilometer sebelum mencapai gerbang objek wisata, terdapat dua kelompok pemungut liar, masing-masing memungut sejumlah rupiah dengan nominal yang sama, Rp 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Itu artinya, sampai di gerbang pintu masuk, sepeda motor sudah dipalak Rp 6.000, dan yang bermobil Rp 15.000. Sedampai di gerbang masuk, pengunjung wajib beli tiket masuk Rp 25.000 per orang untuk hari kerja, dan Rp 30.000 untuk weekend. Bagi turis asing, dikenakan tarif lebih mahal, Rp 50.000 per orang. Ada lagi kriteria “special day” yang memasang tarif Rp 40.000 per orang.

Masih atas nama tarif resmi, sepeda motor dikenakan biaya parkir Rp 5.000, sedangkan mobil Rp 10.000. Nah, lepas dari gerbang, kita masih harus menempuh perjalanan sekitar 1 km.

Tiba di aera air terjun, pengunjung pun memarkir kendaraannya. Apa yang terjadi? Pengunjung masih harus merogoh kocek Rp 10.000 lagi, atas nama “biaya parkir”. Itu artinya, di gerbang dipungut biaya parkir, di lokasi, harus membayar biaya parkir lagi.

Apa lagi yang berbayar di sana? Jangan khawatir. Masih banyak. Sewa pelampung, antara Rp 15.000 – Rp 20.000. Biaya bilas sehabis berenang, Rp 2.000 per orang. Sewa tikar Rp 20.000, sewa saung Rp 60.000.

Dus… Anda bisa googling di internet tentang keindahan Curug Bidadari. Sebab, tulisan ini memang hanya menyoal pungutan liar di sana. Jika akhirnya Anda urung ke sana? Sebaiknya begitu. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *