Corona Mewabah, USBN Terancam Gagal

 Corona Mewabah, USBN Terancam Gagal

Fatimah (14) kelas 9 Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Ulum Medan. (Foto. Ist)

Jayakarta News – Pada masa sekarang ini, siswa-siswi SMP kelas 9 sedang disibukkan dengan persiapan untuk ujian. USBN adalah ‘Ujian Sekolah Berstandar Nasional’. USBN sangat penting bagi seluruh murid SMP untuk dapat lulus dan masuk ke SMA favorit.

Jumlah siswa SMP yang berada di kota Medan ada sekitar 27.656 orang siswa. Siswa siswa SMP, terutama siswa kelas 9 memerlukan nilai kelulusan yang bagus. Semua agar mereka dapat masuk ke sekolah favorit pilihan masing masing.

USBN harus dilakukan dengan jujur dan dengan persiapan. Tidak boleh menyontek dalam USBN. Jika pengawas ujian mengetahui bahwa ada siswa yang menyontek, maka siswa tersebut akan dikeluarkan dan dianggap gagal.

Begitu pun jika USBN dilaksanakan tanpa persiapan. Itu sama saja dengan memberikan nilai buruk kepada diri sendiri. Semoga semua siswa SMP dapat melewati USBN dengan lancar dan mendapat nilai terbaik.

Di sisi lain, virus corona; atau lebih dikenal sebagai COVID-19; atau ‘Corona Virus Desember 2019’; saat ini telah menjangkiti 26 negara di dunia. Virus ini diberi nama covid-19 oleh WHO (World Health Organization). Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China, oleh Dr. Li Wenliang.

Virus ini telah menyebar kemana mana, saat ini 76.243 jiwa telah terjangkit oleh virus ini. Sebanyak 18.229 jiwa dinyatakan sembuh, dan 2.247 jiwa meninggal dunia. Negara-negara yang terjangkit virus ini antara lain Canada, China, Jepang, Singapura, Malaysia, dan negara lainnya. Pemerintah Indonesia sudah melakukan beberapa hal dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia.

Jika covid-19 terus menyebar, atau bahkan jika Indonesia terjangkiti secara luas, maka USBN akan terancam gagal. Semoga virus corona tidak sampai menjangkiti Indonesia, dan semoga siswa siswa SMP bisa mengikuti USBN dengan tenang.

Yang jadi pertanyaan terakhir adalah disaat negara-negara lain sibuk menghadapi serangan virus corona, mengapa Indonesia tidak terjangkit oleh virus corona? (*)

Artikel Ditulis oleh Fatimah/Fadora (14 thn) kelas 9, Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Ulum Jalan Amaliun, Gg Johar No 21-21 Kotamatsum IV, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *