Coba Yuk, Turunkan Berat Badan dengan Mendengarkan Suara Mengunyah

 Coba Yuk, Turunkan Berat Badan dengan Mendengarkan Suara Mengunyah

Foto Ilustrasi Turunkan berat badan dengan mendengarkan suara mengunyah (Alodokter)

JAYAKARTA NEWS – Setiap mengunyah makanan akan memunculkan suara berbeda-beda. Katanya, suara yang timbul saat mengunyah makanan bisa membantu menurunkan berat badan. Sebenarnya, bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Dikutip dari laman Alodokter, makanan yang dikonsumsi secara perlahan dan diperhatikan setiap detail, seperti warna, aroma, tekstur, rasa, hingga suara ketika dikunyah, akan menimbulkan sensasi tersendiri. Hal ini disebut mindful eating atau makan penuh dengan perhatian.

Kaitan Mendengar Suara Mengunyah dengan Penurunan Berat Badan

Ketika kamu makan terburu-buru, apalagi sambil menonton televisi atau mendengarkan musik dengan volume keras, justru dapat membuatmu makan lebih banyak, lho.

Suara dari televisi atau musik dapat meredam suara mengunyah. Hal tersebut bisa membuat tangan terus menyuapi makanan ke mulut, sedangkan mata dan telinga teralihkan ke hal lain.

Bila sudah begini, kamu bisa tidak menikmati makanan yang sedang kamu santap dan merasa tidak puas. Untuk menghilangkan rasa ketidakpuasan tersebut, kamu akan makan lagi dan lagi.

Namun, sebaliknya, ketika kamu mendengar suara kunyahan, kamu mungkin akan makan lebih sedikit. Perlu kamu tahu, suara mengunyah makanan merupakan salah satu hal yang bisa menambah kenikmatan suatu makanan.

Jika kamu lebih menikmati dan meresapi kegiatan makan, termasuk saat mendengarkan suara makanan yang dikunyah, kamu bisa merasa cepat puas dan tanpa sadar mengurangi jumlah makanan yang kamu santap. Dengan porsi makan yang terkontrol, berat badanmu pun bisa menurun.

Caranya Menikmati Suara Mengunyah

Kita seringkali kurang menyadari sinyal dari tubuh sendiri. Padahal, makan dengan penuh kesadaran dan menikmati proses makan akan membantu kita belajar mendengarkan sinyal dari tubuh, termasuk munculnya rasa kenyang.

Kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk menikmati suara mengunyah:

  • Curahkan perhatian pada makanan atau minuman yang sedang dikonsumsi, serta sensasi yang kamu dapatkan dari dalam maupun luar tubuh. Nikmati setiap suara kunyahan, warna, aroma, tekstur, dan rasanya.
  • Seruput minuman secara perlahan dan rasakan seluruh perasaan yang muncul dari setiap tegukannya. Belajarlah untuk menikmati rasa, suhu, dan sensasi keunikan dari minuman tersebut.
  • Usahakan untuk menghentikan segala kegiatanmu ketika sedang makan.
  • Hentikan aktivitas sejenak untuk menaruh perhatian pada makananmu. Hal ini bisa dilakukan bisa dilakukan ketika kamu dikejar waktu untuk menyelesaikan tugas, sehingga kamu harus makan sambil membaca, mengetik, atau lainnya.
  • Minta orang lain yang sedang makan bersama untuk makan dalam keadaan hening dan nikmati makanan masing-masing hingga acara makan bersama berakhir.

Meskipun makan dengan penuh kesadaran bisa membuatmu tidak makan terlalu banyak, tetapi kamu tetap perlu memperhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi, ya.

Pilihlah makanan dan minuman yang sehat, misalnya yang diolah dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Bila perlu, kamu bisa minta anjuran dari dokter mengenai makanan atau minuman yang sesuai dengan kondisi kesehatanmu, terutama kalau kamu hendak menjalani diet.***(Alodokter/mel)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.