Christine Hakim Ketua Komite Oscar 2019

 Christine Hakim Ketua Komite Oscar 2019
Image result for christine hakim
Christine Hakim

CHRISTINE HAKIM kembali ditunjuk menjadi  Ketua Komite Oscar untuk kategori Best Foreign Language 2019.

Penunjukan itu tidak lepas dari keputusan Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS),  sebagai badan penyelenggara gelaran Academy Awards, dengan  simbul penghargaan Piala Oscar untuk  para pekerja  film yang terpih, yang kembali menunjuk Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) agar memilih sebuah film Indonesia untuk bersaing dengan negara-negara lain dalam memperebutkan Oscar untuk  kategori Best Foreign Language 2019.

Untuk itu Ketua Umum PPFI H. Firman Bintang menunjuk artis dan produser film senior, Christine Hakim sebagai Ketua Komite Oscar untuk Kategori Best Foreign Language 2019. Komite yang beranggotakan 13 orang itu,    akan mulai bekerja per tanggal 31 Agustus 2018.

Adapun anggota Komite Oscar 2018 adalah  Alim Sudio, Benni Setiawan, Christine Hakim, Fauzan Zidni, Firman Bintang, Hardo Sukoyo, Jenny Rachman, Marcella Zalianty, Mathias Muchus, Roy Lolang, Thoersi Argeswara, Yudi Datau, dan Zairin Zain.

Menurut  Firman,  Christine Hakim ditunjuk sebagai  ketua  demi menjaga kesinambungan penguasaan persoalan perfilman nasional.   Sedangkan untuk sekretarus, ditunjuk Marcella Zalianty.  “Karena Christine Hakim adalah salah satu orang yang mengetahui persoalan film Indonesia, ” kata Firman.

Firman  berharap ajang ini  ditempatkan sebagai prioritas utama kegiatan PusbangFilm Kemendikbud.  “Saya berharap tahun ini PusbangFilm Kemendikbud bisa mengirim delegasi ke ajang Oscar, agar  rabaan  perkembangan film dunia makin jelas. Selain itu,  bisa melakukan langkah lobby, diplomasi dan lainnya,” katanya.

Kepala Bidang Apresiasi dan Tenaga Perfilman, PusbangFilm Kemendikbud Sanggupri berjanji, memasuki tahun kedua lembaganya  terlibat dalam kegiatan ini, pihaknya akan lebih total dalam memberikan dukungan ke Komite Oscar.

PusbangFilm Kemendikbud juga akan  terus memberikan apresiasi kepada film Indonesia. Salah satunya untuk mengalokasikan pendanaan promosi film Indonesia yang diikutkan dalam ajang Oscar. “Pemerintah juga ingin film Indonesia makin mendunia, ” kata Sanggupri.

Kepala PusbangFilm, Dr. Maman Wijaya memastikan,  pemerintah sangat mendukung kegiatan ini dan  memasukkannya dalam kategori kegiatan penting.

Untuk  pengiriman delegasi ke Oscar, pihaknya siap berkoordinasi dengan Komite Oscar. “Pak Menteri siap menerima anggota Komite Oscar untuk menyelaraskan langkah bersama. Prinsipnya Pak Menteri sudah well inform dengan Komite Oscar,” katanya.***

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *