Cegah Corona, AWPI DIY Gelar Pelatihan Jurnalistik Online

 Cegah Corona, AWPI DIY Gelar Pelatihan Jurnalistik Online

Jayakarta News – Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) DPD DIY akan menggelar pelatihan jurnalistik online pada 28 Maret 2020 mendatang. Pelatihan jarak jauh itu ditempuh sejalan dengan kebijakan pemerintah memerangi penyebaran virus corona dengan tidak membentuk kerumunan serta mengurangi aktivitas keluar rumah.

Hengki Ahmad Jazuli, Ketua DPP AWPI

“Saya siap memberikan pelatihan lewat media sosial,” kata Hengki Ahmad Jazuli, Ketua Umum DPP AWPI dalam release yang diterima Jayakarta News,  Sabtu (21/3).

Pelatihan jurnalistik online AWPI DPD DIY akan diikuti oleh lebih dari 50 anggota dari lima DPC yang tersebar di empat kabupaten dan satu kotamadya se-Provinsi DIY.  Mereka berasal dari berbagai media, baik online maupun cetak.

Maya E Siahaan, Koordinator AWPI untuk Wilayah Jawa dan Sumatera menyatakan dukungan diadakannya pelatihan jurnalistik online ini.  “Ini solusi terbaik di tengah wabah corona yang sedang melanda negara kita,” tutur Maya di Yogyakarta (21/3).   

Maya menyatakan acara pelatihan ini tidak hanya menjadi ajang menggodok wartawan agar semakin menguasai ilmu jurnalsitik, tetapi juga memberikan pengetahuan seputar dunia pers di Indonesia.  Termasuk di dalamnya, agar jurnalis tahu dan paham kode etik serta mengerti pernak-pernik organisasi profesi kewartawanan di tanah air. 

Awalnya acara ini akan diadakan secara tatap muka, tetapi wabah corona menghentikannya.  Pelatihan tetap berlangsung lewat media sosial. Cara itu ditempuh mengingat mayoritas anggota memilih untuk tetap diadakan pelatihan.  

Sukoco Hayat DP, salah satu peserta menyadari bahwa pelatihan jurnalistik online ini berbeda dengan jika diadakan secara tatap muka. Namun, ini sudah cukup memberikan bekal awal kepada para wartawan AWPI, khususnya bagi anggota yang merupakan insan pendatang baru di dunia pers tanah air. Sukoco menegaskan, ilmu yang didapat dari pelatihan akan menjadi bekal untuk tugas peliputan. “Semakin banyak jam terbang dalam meliput dan melaporkan hasilnya, kemampuan kami akan kian terasah,” katanya. (Ernaningtyas)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *