Cantiknya Kain Tenun Bima

 Cantiknya Kain Tenun Bima
Fashion show Festival Lawata mengangkat kain tenun Bima ke pentas nasional—foto kementerian pariwisata

JAYAKARTA NEWS— Seperti daerah lainnya di Indonesia yang memiliki kain khas masing-masing, begitu juga Kota Bima yang memiliki kain tenun cantik. Untuk melestarikan sekaligus memperkenalkan produk unggulan daerahnya, Pemkot Bima gencar melakukan promosi kain tenun khasnya. Salah satunya lewat Festival Lawata yang digelar bertepatan dengan HUT Kota Bima ke 17 di Pantai Lawata Kota Bima, NTB.

Foto dok kementerian pariwisata

Sebagaimana diketahui, keindahan wastra atau kain tradisional daerah yang ada di Indonesia, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak jarang setiap daerah juga memiliki berbagai cara agar kain tradisional mereka semakin lestari bahkan terkenal hingga penjuru dunia.

Foto dok kementerian pariwisata

“Kami mendukung daerah untuk melestarikan dan mempromosikan tenun lokal. Dengan melibatkan desainer ternama Samuel Wattimena untuk memberikan sentuhan idenya agar tenun Bima bisa terpromosikan dengan baik,” kata Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani di Bima, demikian dikutip dari rilis Kemenpar.

Foto dok kementerian pariwisata

Festival Lawata di dalamnya dirangkai acara fashion show oleh tim modeling dari Jakarta dan Kota Bima untuk menampilkan bahan tenun asli Indonesia dengan tema “Bima Go Nusantara”.

Samuel Wattimena berharap agar melalui acara ini ia bisa menginspirasi para desainer muda untuk menunjukkan potensi mereka dalam “memanjangkan” atau melestarikan umur kain tenun yang sudah menjadi warisan budaya. Bukan hanya di Bima, melainkan juga di berbagai daerah lain.

“Saat ini selera pasar, cara pemasaran, dan market yang berkembang pesat pada era desainer sekarang, jauh berbeda dibanding era desainer sebelumnya,” pungkasnya.***/ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *