“Bulog Aksi Berbagi” untuk Percepatan Pengentasan Kemiskinan Ekstrem

 “Bulog Aksi Berbagi” untuk Percepatan Pengentasan Kemiskinan Ekstrem

(Foto: Bulog)

JAYAKARTA NEWS – Salah satu bentuk dukungan program Bakti BUMN dalam Percepatan Penghapusan Kemiskinan, Perum BULOG melalui Program Aksi Berbagi memberikan bantuan Antropometri Kit kepada 17 Posyandu di Desa Cipaku, Kecamatan Paseh, Provinisi Jawa Barat.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan Program Bakti BUMN harus mampu mengayomi keluarga Indonesia, khususnya masyarakat miskin ekstrem, sehingga mampu menghadirkan masyarakat desa yang sejahtera.

Erick menilai Program Bakti BUMN yang merupakan bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN memiliki peran penting dalam mendorong percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem bagi masyarakat Indonesia melalui kolaborasi beberapa BUMN.

“Salah satu contoh Bakti BUMN ialah program Desa Sejahtera yang dirancang dengan dua tujuan utama yaitu tercapainya kehidupan layak dan peningkatan pendapatan masyarakat miskin,” ujar Erick dalam Siaran Pers Bulog, Minggu (23/10/2022).

“Untuk dapat mencapat tujuan ini, BUMN akan melaksanakan lima sub program Desa Sejahtera BUMN, berupa Posyandu Sejahtera, Bersih Sejahtera, Terang Sejahtera, Pintar Sejahtera dan UMK Sejahtera,” tambah Erick.

Pemberian bantuan melalui program Desa Sejahtera oleh BULOG melalui Kantor Cabang BULOG Bandung merupakan realisasi dari instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem yang menginstrusikan kepada Menteri BUMN untuk menugaskan BUMN berpartispasi dan mendukung program penghapusan kemiskinan ekstrem.

Sekretaris Perusahaan Perum BULOG, Awaludin Iqbal mengatakan Program Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) memerlukan upaya terpadu dan sinergi tingkat pusat hingga daerah melalui tiga strategi utama, yaitu: pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan masyarakat dan penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan.

“Pemberian bantuan 17 paket Antropometri kepada seluruh 17 posyandu di Desa Cipaku diharapkan dapat memberikan azas manfaat yang besar bagi fasilitas posyandu yang nanti menjadi sarana penunjang bagi tumbuh kembang anak bagi warga desa Cipaku”, tambah Awaludin.

Bantuan Antropometri Kit yang diberikan terdiri dari alat ukur panjang bayi, alat ukur lingkar lengan, timbangan bayi, timbangan badan, tikar pertumbuhan, skin caliper,waist ruler dan stadiometer.

Untuk tahap awal, program ini dilaksanakan di 11 Kecamatan yang ada di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar). Program yang melibatkan 17 BUMN ini berlangsung selama enam bulan sejak Oktober 2022.

Sebagai tanda dimulai Program Desa Sejahtera, BUMN telah membuat Senam Sehat Bersama Kader PKK dan Warga, Pelayanan Kesehatan Gratis untuk Masyarakat, Pemberian Makanan Tambahan khususnya untuk Balita dan Lansia, serta Penyuluhan bagi para Kader Posyandu yang dihadiri Deputi SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata di Balai Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jabar, Sabtu (22/10/2022)

Tedi menyampaikan program Bakti BUMN yang dilakukan BUMN selalu fokus pada dampak yang dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat.

“Kolaborasi antar BUMN dan juga para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah dan masyarakat, akan mampu meningkatkan dampak baik dari Program Bakti BUMN,” ucap Tedi.

Melalui BULOG Aksi Berbagi bersinergi dengan program Desa Sejahtera BUMN , BULOG akan selalu hadir mendekatkan serta menghadirkan peran perusahaan di tengah masyarakat dan menjadi wujud nyata kepedulian BULOG dalam membantu pengentasan kemiskinan di tengah-tengah masyarakat.***/mel

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.