BPK Sosialisasikan Hasil Audit

 BPK Sosialisasikan Hasil Audit
Ekonom UI, Dr Talisa Aulia Falianty. Foto: Roso Daras

BADAN Pemeriksa Keuangan (BPK) harus lebih banyak menjalin kerja sama dengan kementerian dan lembaga di luar. Demikian antara lain saran ekonom UI, Dr. Telisa Aulia Falianty ketika mengikuti FGD (Focus Group Discussion) yang diselenggarakan Humas BPK RI, di Kantor Pusat BPK, Jl Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin (21/8).

Menurut Telisa yang juga anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) RI itu, sebagai lembaga negara, BPK selama ini sudah sangat bagus. Di tingat negara saja, kredibilitas BPK nomor tiga, setelah lembaga kepresidenan dan KPK. “Itu artinya, BPK sebagai lembaga audit, sangat kredibel. Belum lagi fakta bahwa BPK juga diminta oleh banyak lembaga dunia untuk mengaudit negara dan lembaga dunia lain,” ujar wanita berkacamata itu.

Dr Talisa Aulia Falianty

Sementara, dalam FGD yang berlangsung di auditorium lantai dua Tower BPK itu, Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara mengatakan, ke depan diharap para pemangku kepentingan lebih dapat bersinergi dalam menjalankan perannya. Di sisi lain, BPK dapat menjalankan perannya secara optimal, sedangkan para pemangku kepentingan dapat meningkatkan dukungannya kepada BPK. Bukan saja mendukung, tetapi juga memberi pandangan, masukan serta menjadi agen informasi untuk memperoleh pemahaman kepada publik terkait wewenang, peran, dan pertanggungjawaban hasil pemeriksaan BPK.

Narasumber lain dalam FGD siang itu antara lain Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar, Anggota BPK Agus Joko Pramono, dan beberapa narasumber lain, di antaranya Indra J. Piliang, Indonesia Budget Center, Institut Akuntan Publik Indonesia, Transparency International Indonesia, dll. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *