Bitcoin Dapat Menyebabkan Internet Shutdown

 Bitcoin Dapat Menyebabkan Internet  Shutdown

HANYA superkomputer yang dapat memproses cryptocurrency dalam waktu terdekat, dan transaksi dapat menyebabkan internet collapse (shutdown).

Demikian laporan terbaru yang disampaikan Bank for International Settlements (BIS) yang berpusat di Swiss. “Untuk memproses jumlah transaksi ritel digital yang saat ini ditangani oleh sistem pembayaran ritel nasional tertentu, bahkan di bawah asumsi optimis, ukuran buku besar akan membengkak jauh melampaui kapasitas penyimpanan ponsel cerdas biasa dalam hitungan hari, di luar itu dari yang biasa komputer pribadi dalam hitungan minggu dan lebih dari itu dari server dalam hitungan bulan, ”kata laporan itu.

Rekaman transaksi cryptocurrency disimpan dalam buku besar digital. Dan, setiap  terjadi transfer uang digital, buku besar membengkak ukurannya.

Kemudian, lanjut laporan tersebut, pengguna cryptocurrency akan menghadapi masalah lain dalam  transaksi mereka,  “Hanya superkomputer yang bisa mengikuti verifikasi transaksi yang masuk. Volume komunikasi yang terkait dapat membuat internet terhenti, karena jutaan pengguna bertukar file pada urutan besarnya terabyte, ” tulis BIS.

BIS juga mengkritik meningkatnya biaya transaksi cryptocurrency. Ketika bitcoin melonjak nilai tukarnya  hingga  $ 20.000 pada bulan Desember 2017 lalu, operasi tunggal dengan biaya mata uang digital bertambahan $ 57.

“Bayangkan saja, jika Anda membeli kopi $ 2 dengan bitcoin, Anda harus membayar $ 57 untuk melakukan transaksi tersebut,” kata Hyun Song Shin, kepala riset bank. Beberapa orang tidak menyimpan uang cryptocurrency sebagai uang, tetapi berspekulasi tentang harganya, tambahnya.

Didirikan pada tahun 1930, Bank for International Settlements adalah lembaga keuangan global tertua, dan dikenal sebagai bank untuk bank sentral, karena di situlah mereka memiliki rekening. Bank ini menyediakan transaksi emas dan valuta asing bagi mereka dan memiliki cadangan bank sentral. BIS juga merupakan bankir dan pengelola dana untuk lembaga keuangan internasional lainnya.

BIS telah secara konsisten meminta bank-bank sentral untuk menekan bitcoin dan cryptocurrency lainnya untuk menghentikan mereka “membonceng” pada lembaga-lembaga utama dan menjadi “ancaman terhadap stabilitas keuangan.”

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *