Bisnis Kreatif Jasa Seni Mural

 Bisnis Kreatif Jasa Seni Mural
Pengerjaan mural di sebuah kafe.

MURAL adalah menggambar atau melukis di atas dinding maupun permukaan yang luas yang berisikan makna atau pesan di setiap gambarnya. Mural beda dengan graffiti. Sayang, masih banyak yang salah mengartikan seni graffiti dan mural. Sebab, berbeda dengan mural, maka graffiti adalah seni membuat tulisan atau gambar karakter kecil pada dinding menggunakan alat semprot maupun pilox.

Awalnya mural merupakan street art atau gambar-gambar yang sering kita temui di tembok jalanan, dibuat para seniman sebagai wujud eksistensi karya maupun sebagai protes terhadap pemerintah dengan sendiran satir.

Kini mural sudah mulai banyak di temui di café, restoran, sekolahan bahkan kantor-kantor sebagai pendukung interior ruangan, bahkan berbagai macam pelaku bisnis menjadi mural sebagai media marketing.

Salah seorang seniman mural dari Jakarta bernama Muhamad Ilyas Mudhakir mengatakan, ”Minat konsumen yang menggunakan jasa seni mural sangat tinggi.” Muhamad Ilyas M banyak mendapat pesanan dari wilayah Jabotabek dan dari daerah lainnya. Kebanyakan pesanan dari café dan restoran, katanya.

Diawali dengan gambar di jalan-jalan, ikut komunitas dan aktif mengikuti lomba-lomba mural, hingga membuka jasa pembuatan mural secara profesional sejak tahun 2014. Dalam usaha ini, ia dibantu bersama tiga orang rekannya.

Untuk membuat seni mural, ia memakai cat tembok dengan kualitas indoor maupun outdoor, kuas dan berbagai macam alat tulis maupun alat lukis. Proses pembuatannya diawali dengan pencarian ide, penentuan konsep, dilanjut proses desain secara manual maupun digital. Setelah itu, baru proses aplikasi pada tembok dengan membuat sketsa terlebih dahulu sebelum pewarnaan dan finishing.

Proses pembuatan mural mbiasanya menyesuaikan luas spot tembok yang akan dimural dan menyesuaikan tingkat kerumitan desainnya. Untuk satu café atau restoran full biasanya memerlukan waktu 3 – 7 hari, tak jarang 1-2 hari selesai untuk pengerjaan satu spot. ***

Digiqole ad

Related post

1 Comment

  • Ap Sya bisa melamar sbgai artist mural?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *