Binmas Noken Ops Damai Cartenz Gelar Program Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar

 Binmas Noken Ops Damai Cartenz Gelar Program Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar

Kasatgas Binmas Kombespol Nanang Purnomo dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Iman Djuniawal (foto: Binmas Noken Papua)

PAPUA, JAYAKARTA NEWS— Kabar baik untuk masyarakat Pegubin, Yahukimo, Puncak Jaya, Nduga dan Intan Jaya, khususnya mereka yang bergerak di bidang budidaya ikan air tawar. Binmas Noken Ops Damai Cartenz akan menggelar program pengembangan perikanan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen ikan.

Terkait program tersebut, Kasatgas Binmas Kombespol Nanang Purnomo menemui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Iman Djuniawal di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan, Selasa (15/3/2022).

Untuk diketahui, pengembangan perikanan ini merupakan bagian dari kegiatan Kasuari (Kesejahteraan untuk Anak Negeri) yang merupakan salah satu program Binmas Noken Papua. Bukan hanya budidaya perikanan yang diperhatikan tapi juga pertanian, peternakan dan lain-lain yang dapat membantu peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Kasatgas Binmas Kombespol Nanang Purnomo dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Iman Djuniawal/foto: Binmas Noken Papua

Sebagaimana diketahui, budidaya ikan merupakan salah satu potensi yang dimiliki masyarakat Papua yang masih terus didorong pengembangannya, baik kualitas maupun kuantitasnya. Karenanya rencana Binmas Noken untuk mengembangkan perikanan air tawar di lima daerah pegunungan- Pegubin, Yahukimo, Puncak Jaya, Nduga dan Intan Jaya- mendapat sambutan hangat dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Papua Iman Djuniawal.

Ia berharap Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Papua dapat berintegrasi dan berkolaborasi dengan program Satgas Binmas Ops. Damai Cartenz-2022 untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Kita akan mendukung sepenuhnya program pembudidayaan ikan air tawar yang dilaksanakan oleh Satgas Binmas Noken Opersional Damai Cartenz di lima wilayah pegunungan. Meskipun ini merupakan kewenangan langsung di bawah Dinas Kabupaten/Kota, bukan lagi Dinas Provinsi, namun apabila sifatnya hanya memberikan kontak person siapa yang dapat membantu dan berperan dalam pengembangan budidaya ikan air tawar di lima wilayah tersebut, Dinas Provinsi akan membantu sepenuhnya,” ujar Iman Djuniawal. Termasuk, kata Iman, pihaknya juga bisa membantu dalam penyediaan bibit unggul dan calon induk untuk dikirim ke lima wilayah tersebut.***din

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.