Billboard Indonesia Top 100 Diluncurkan

 Billboard Indonesia Top 100 Diluncurkan

Billboard Indonesia–foto istimewa

Foto istimewa

JAYAKARTA NEWS— Setelah ditunggu lama, Billboard Indonesia Top 100 akhirnya diluncurkan secara resmi baru-baru ini. Media yang merupakan lisensi dari Billboard di Amerika ini hadir di Indonesia pada 30 November 2018 yang lalu.

Billboard Indonesia Top 100 adalah daftar lagu-lagu terkini paling populer tiap minggu dari artis dan musisi Indonesia di semua lintasan genre, diperingkat dengan menggabungkan banyak data sehingga mencetak total skor.

Aldo Sianturi, Chief Operating Officer Billboard Indonesia berharap dengan kehadiran Billboard Indonesia Top 100 akan membuat musik Indonesia makin berjaya dan sehat secara ekosistem.

Foto istimewa

“Kita masukin dari radio yang kiredibel.  Rise 6 bulan soal tangga lagu. Posisi lagu di Billboard Indonesia Top 100 ditentukan oleh beragam data, mulai dari platform streaming musik, posisi grafik mingguan, pemutaran radio mingguan, pemirsa platform streaming video, dan pemutaran mingguan di jaringan karaoke di Indonesia,” kata Aldo Sianturi.

Lagu-lagu dari semua genre yang akan masuk dalam Billboard Indonesia Top 100 akan berisi komposisi lagu berupa lirik dalam bahasa Indonesia dan atau bahasa Indonesia dicampur dengan bahasa asing.

“Kualitas musik Indonesia yang dihasilkan musisi Indonesia juga luar biasa. Semoga kehadiran Billboard Indonesia memberikan nilai ekonomi bagi industrinya,” tambah Aldo.

Ketua Umum Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI), Gumilang Ramadhan mengaku gembira bisa bekerjasama dengan Billboard Indonesia. “Ini tangga lagu yang kredibel dan valid,” ujar Gumilang.

“Semoga kedepannya selalu bisa menjadi acuan untuk  industri radio di Indonesia,” imbuh Gumilang.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf menyambut baik kehadiran Billboard Indonesia Top 100 yang akan menjadi salah satu langkah pencatatan yang baik dalam upaya mendata dan mendokumentasikan musik Indonesia.

“Ekosistem musik kita paling lengkap dibanding negara Asia lain. Makanya, saya pribadi dan atas nama Bekraf menyambut baik peluncuran event ini,” ucap Triawan Munaf.

Dalam catatan 25 September 2019 Billboard Indonesia Top 100, beberapa penyanyi menempati peringkat atas diantaranya Judika, Marion Jola, Brisia Jodie, Rizky Febian, Armada, Budi Doremi, Sal Priadi dan Nadin Amizah dan sederet penyanyi lain. (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *