Bikin Nyaman! Yuk Intip Beragam Fasilitas yang Ada di Stasiun Kereta Api

 Bikin Nyaman! Yuk Intip Beragam Fasilitas yang Ada di Stasiun Kereta Api

KAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang lebih cepat dan lebih baik bagi pelanggan (Foto: KAI)

JAYAKARTA NEWS – Wajah stasiun kereta api kini, sudah jauh berbeda dari satu dekade yang lalu. Selain kebersihan yang terjaga, berbagai fasilitas juga dihadirkan untuk membuat pelanggan kereta api semakin nyaman saat berada dan menunggu jadwal keberangkatan keretanya di stasiun. KAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang lebih cepat dan lebih baik bagi pelanggan, salah satunya dengan menyediakan beragam fasilitas di stasiun, menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, berikut ini di antaranya:

1. Customer Service on Station

Petugas Customer Service on Station (CSOS) akan menerima dan membantu menangani berbagai keluhan dan pertanyaanmu di stasiun. Jika keluhan bisa diselesaikan oleh petugas CSOS, maka kasus akan ditutup/selesai. Berbeda jika keluhan memerlukan penanganan lebih lanjut, maka petugas CSOS akan meneruskan laporan keluhan atau pertanyaan pelanggan ke tim Customer Relation Contact Center 121 melalui aplikasi Customer Relation Management dengan status keluhan terbuka. Dengan tentu setiap keluhan yang masuk akan ditindaklanjuti dengan cepat ,sigap dan terukur

Butuh yang praktis? Jangan khawatir, Tim Contact Center 121 siap memberikan layanan untuk menjawab berbagai pertanyaan dan keluhan yang disampaikan agar pengalaman naik kereta apimu semakin menyenangkan melalui kanal social media Twitter dan Facebook @KAI121, Instagram dan Tiktok @kai121_, email: cs@kai.id, atau melalui telepon di 121 serta whatsapp di 08111-2111-121.

2. Layanan Kesehatan

Fasilitas stasiun yang bisa kamu dapatkan jika menjadi penumpang kereta api adalah disediakannya pelayanan kesehatan. Terkait luka, entah itu kecil maupun serius tentu membutuhkan penanganan yang cepat serta tepat. Alih-alih mencari obat di apotek luar stasiun atau langsung mendatangi rumah sakit, pertolongan pertama bisa kamu dapatkan di pelayanan kesehatan ini.

3. Lost and Found

KAI memberikan layanan Lost and Found bagi pelanggan yang mengalami kehilangan barang, maupun tertinggal saat di lingkungan stasiun ataupun saat perjalanan dengan kereta api. Pelanggan dapat melaporkan barang yang hilang tersebut kepada petugas yang ada di stasiun, ataupun kondektur yang sedang berdinas di dalam kereta api, serta dapat melalui Contact Center KAI 121.

4. Toilet Bersih

KAI menyediakan toilet yang bersih dan nyaman sebagai bentuk pelayanan KAI sampai ke hal yang detil demi menjaga kepuasan pelanggan. Petugas pun secara rutin melakukan pembersihan dan pemeriksaan secara mobile setiap harinya untuk memastikan area toilet tetap bersih, kering (tidak licin), wangi, dan tidak ada genangan air. Nah, fasilitas toilet tersebut diberikan secara gratis loh, jadi mari kita jaga dengan menjaga kebersihannya dan tidak membuang sampah sembarangan ya.

5. Ruang Menyusui

KAI juga telah menyediakan ruang menyusui bagi ibu yang membawa bayi atau balita di stasiun. Penyediaan ruangan ini untuk memberikan privasi bagi ibu saat menyusui. Sampai bulan Agustus 2022 ini, KAI memiliki 118 ruang menyusui yang tersebar di stasiun Pulau Jawa dan Sumatera. Fasilitas yang ada di ruangan ini termasuk lengkap, seperti sofa, lemari, wastafel, dan pendingin udara yang akan memberikan udara sejuk bagi bayi dan balita.

6. Masjid/Musala

Bagi umat muslim, ibadah lima waktu menjadi kewajiban yang harus dilakukan setiap hari. KAI menyediakan Masjid/Musala di area stasiun kereta api agar seluruh pelanggan dan masyarakat sekitar dapat melaksanakan ibadah Salat dengan nyaman dan tenang.

“Berbagai fasilitas ini kami sediakan sebagai wujud komitmen KAI untuk terus adaptif memenuhi kebutuhan pelanggan yang makin tinggi  agar  dapat menikmati saat berada d stasiun  menunggu keberangkatan kereta atau saat kedatangan kereta dengan lebih nyaman. Kami berharap minat masyarakat menggunakan moda transportasi publik  kereta api semakin meningkat, sehingga pada akhirnya dapat mengurangi beban jalan raya dan menjadi salah satu solusi mengurai kemacetan akibat penggunaan kendaraan pribadi,” ungkap Joni Martinus, VP PR KAI, dikutip dari Laman KAI, Kamis (15/9).

KAI berupaya untuk terus berinovasi dan melakukan berbagai improvement demi menghasilkan pelayanan yang prima bagi pengguna jasanya ditengah perjuangan untuk bangkit di masa pandemi.***/mel

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.