Biannual Tourism Forum Digelar di Parapat

 Biannual Tourism Forum Digelar di Parapat

Hotel Niagara, Parapat, tempat berlangsungnya Biannual Tourism Forum. (foto: niagaralaketoba.com)

Jayakarta News – Pasca ditetapkannya Danau Toba sebagai “super prioritas” destinasi pariwisata utama Indonesia, berbagai aktivitas pun digelar di sana. Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bahkan menggelar agenda Biannual Tourism Forum di Hotel Niagara Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin – Selasa (25 – 26/11/2019).

Acara itu digagas guna meningkatkan kualitas serta akses terhadap pelayanan dan infrastruktur dasar yang berkaitan dengan pariwisata. Di samping, untuk memperkuat keterkaitan perekonomian lokal dengan pariwisata di wilayah destinasi prioritas, dalam hal ini kawasan Danau Toba, danau dengan bentang panjang 100 km dan lebar 30 km.

Dalam undangan serta rancangan acara yang ditandatangani Asdep Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga, Dr. Wisnu Bawa Tarunajaya, SE, MM, disebutkan bahwa biannual tourism forum itu merupakan kerjasama Kementerian Pariwisata dan Bank Dunia. Program ini dirancang guna melaksanakan program pembangunan secara terintegrasi dan berkelanjutan.

Salah satu komponen dalam Program Pembanguan secara terintegrasi adalah komponen 3, yaitu meningkatkan partisipasi masyarakat dan dunia usaha lokal di Sektor Pariwisata. Tak pelak, momen dua hari ke depan, adalah salah satu momen penting bagi peningkatan geliat pariwasata Danau Toba dan sekitarnya.

Forum ini tidak saja melibatkan unsur pemerintah dan pengusaha, tetapi juga melibatkan unsur akademisi dan media. Inilah yang disebut konsep pentahelix dalam pengembangan pariwisata. Salah satu perwakilan akademisi yang diundang adalah Direktur Poltekpar Medan.

Dari media, tercatat ada tiga media cetak dan tiga media online yang diundang. Tiga media cetak masing-masing: LKBN Antara, Harian Sinar Indonesia Baru, dan Harian Medan Bisnis Daily. Sedangkan tiga media online masing-masing Tagar.id, Jayakartanews.com, dan Gajahtobanews.com. Media-media yang concern terhadap penulisan pengembangan kawasan wisata Danau Toba. (monang sitohang)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *