Connect with us

Kabar

BI Dukung Akselerasi Ekonomi Syariah

Published

on

JAYAKARTA NEWS—-Bank Indonesia (BI) terus menjaga komitmen dalam mendukung akselerasi ekonomi syariah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi regional melalui kerjasama dengan berbagai mitra strategis. Bank Indonesia kembali menyelenggarakan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa 2020 dengan mengambil tema Akselerasi Peran Ekonomi Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Regional.

Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa merupakan satu rangkaian kegiatan Festival Ekonomi Syariah menuju Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF). Yaitu sebuah event ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Indonesia. Selain itu, kegiatan FESyar merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia terhadap visi Indonesia sebagai pusat dari pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah dunia. Pagelaran FESyar Regional Jawa 2020 kali ini merupakan wajah baru penyelenggaraan FESyar yang dilakukan secara virtual.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo, menyampaikan FESyar Regional Jawa 2020 merupakan puncak dari rangkaian kegiatan edukasi, eksebisi dan advisory ekonomi dan keuangan syariah tingkat regional yang sudah dilaksanakan beberapa daerah. Sebelumnya kegiatan Fesyar telah sukses diselenggarakan di wilayah Kawasan Timur Indonesia, dan di wilayah Sumatera.

Dody menambahkan bahwa Bank Indonesia menaruh perhatian yang besar dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai bagian dari strategi pembangunan ekonomi nasional khususnya pada periode pemulihan ekonomi di era new normal.

“Kebijakan ekonomi dan keuangan syariah merupakan bagian dari bauran kebijakan Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas dan mendorong momentum pertumbuhan ekonomi nasional,”  ujar Dody Budi Waluyo, saat menjadi menjadi Keynote Speaker Opening Ceremony FESyar Regional Jawa 2020, Senin (5/10/2020).

Menurut Dody, ada tiga kunci utama dalam menghadapi tantangan dalam mendukung transformasi ekonomi syariah nasional. Hal ini meliputi aspek hukum (kajian RUU ekonomi syariah), aspek kelembagaan (perubahan dari KNKS menjadi KNEKS) dan aspek kebijakan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia di Jawa Timur, Difi Ahmad Johansyah, menyampaikan bahwa FESyar regional Jawa yang diselenggarakan tanggal 5-10 Oktober 2020 secara virtual ini, menampilkan dan mempromosikan berbagai produk dan kegiatan terkait ekonomi syariah secara terstruktur di seluruh regional Jawa.

Rangkaian kegiatan FESyar kali ini terdiri dari Sharia Forum yang menampilkan beragam acara mulai dari seminar, talkshow, workshop, yang melibatkan tokoh-tokoh penggiat ekonomi syariah Indonesia, serta serangkaian kegiatan business coaching untuk UMKM. 

Perhelatan FESyar Regional Jawa 2020 masih akan berlanjut sampai dengan tanggal 10 Oktober 2020 dengan berbagai kegiatan menarik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah di regional. “BI bersama mitra strategis lainnya mengajak masyarakat untuk hadir dan berpartisipasi pada festival ekonomi dan keuangan syariah secara virtual melalui www.fesyarjawa.com,” pungkasnya.(poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *