Connect with us

PARIWISATA

Berwisata ke Destinasi Wisata Alam Air Terjun Jagir di Banyuwangi

Published

on

Ilustrasi - Air Terjun Jagir di Banyuwangi (Jennaira)

JAYAKARTA NEWS – Jika masih bingung mau berkunjung kemana saat ke Banyuwangi nanti, tak ada salahnya untuk berwisata ke Air Terjun Jagir.

Air Terjun Jagir berada di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Pengunjung hanya perlu menempuh jarak 13 kilometer atau membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam jika datang dari pusat kota Banyuwangi.

Sesampainya di Air Terjun Jagir, pengunjung akan mendapati keindahan alam berupa air terjun yang tingginya sekitar 20 meter dengan air jernih.

Tak hanya itu saja, pengunjung juga disambut oleh pemandangan alam yang sangat indah dan segar. Pepohonan rimbun di sekitar air terjun membuat udara di sekitar menjadi sangat sejuk dan segar.

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Jagir, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berfoto, atau hanya sekedar menikmati pemandangan alam yang menyejukkan.

Sebaiknya tetap perhatikan keselamatan karena aliran air terjun bisa sangat deras sewaktu-waktu.

Sejak tahun 2016 Air terjun Jagir ini dikelola oleh masyarakat sekitar. Harga tiket masuk disini juga sangat terjangkau, hanya Rp.5000/orang dan biaya parkir Rp.3000/ kendaraan

Asal Usul Air Terjun Jagir

Nama Air Terjun Jagir ini menjadi populer di kalangan masyarakat yang berawal dari keberadaan pojon Jagir yang konon hanya bisa tumbuh di wilayah Kampung Anyar.

Bahkan pohon Jagir ini menjadi pohon yang dikeramatkan. Sementara sumber airnya sendiri berasal dari Sumber Air Jagir yang sangat jernih.

Sedangkan air terjun lainnya yang merupakan kembarannya dikenal dengan nama Air Terjun Buyut Ijah yang sumber airnya berasal dari Buyut Ijah.

Dengan volume air yang tidak terlalu deras, kedua air terjun ini juga dikenal sebagai Air Terjun Bersaudara.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *