Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Bertemu Pansel Anggota Dewas LPI, Puan Dorong Peningkatkan Kinerja Lembaga

Published

on

Ketua DPR Puan Maharani dan Pansel Anggota Dewas LPI, Kamis (25/1/2024)/foto: DPR

JAYAKARTA NEWS— Ketua DPR RI Puan Maharani bertemu dengan Panitia Seleksi (Pansel) Anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPl) yang dipimpin oleh Menkeu Sri Mulyani sebagai Ketua Pansel. Pertemuan dilakukan dalam rangka konsultasi antara Pansel dengan Pimpinan DPR untuk membahas pergantian anggota Dewas LPI dari unsur profesional.

Pertemuan tersebut digelar di Ruang Pimpinan DPR di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/1/2024). Menkeu Sri Mulyani mengajak serta dua calon terpilih Anggota Dewas LPI, yakni petahana Haryanto Sahari, dan Ancella A Hermawan.

Hadir pula dalam pertemuan ini yakni Wakil Menkeu Suahasil Nazara, Wakil Menteri BUMN Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Sekjen Kemenkeu Heru Pambudi. Sementara Puan didampingi oleh Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Said Abdullah dan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie Othniel F.P.

Adapun Pemerintah membentuk Pansel Anggota Dewas LPI karena masa jabatan tiga tahun untuk Haryanto Sahari telah selesai pada 22 Januari yang lalu. Sesuai amanat UU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja, Pemerintah harus melakukan konsultasi dengan DPR untuk membahas calon Anggota Dewas LPI.

Agenda hari ini dilakukan dalam rangka pemberian nama calon anggota Dewas LPI yang telah disepakati Pansel kepada DPR untuk dikonsultasikan sebelum calon terpilih nantinya dilantik oleh Presiden.

Anggota Dewas LPI dari unsur profesinal sendiri berjumlah 3 orang, di mana mereka selama ini bekerja sama dengan Menkeu Sri Mulyani Indrawati sebagai Ketua Dewas LPI dan Menteri BUMN Erick Thohir. Keduanya merupakan Dewan Pengawas LPI dari kalangan Pemerintah.

“LPI didirikan untuk memperkuat kapasitas pembiayaan pembangunan nasional, yang dikelola secara korporasi dan profesional,” kata Puan.

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI mengatakan, Dewas LPI harus mampu berperan demi kinerja lembaga tersebut lebih bagi ke depannya. Puan berharap pergantian salah satu anggota Dewas dari unsur profesional itu dapat menunjang peningkatan kinerja LPI.

“Oleh karena itu, LPI agar dapat terus meningkatkan kinerjanya sehingga berkontribusi semakin besar dalam menyediakan pembiayaan pembangunan nasional,” tutur mantan Menko PMK ini.

Saat ini Anggota Dewas LPI dari unsur profesional yang masih menjabat adalah Darwin Cyril Noerhadi dan Yozua Makes. Dewan Pengawas bertugas untuk melaksanakan pengawasan atas pengelolaan LPI yang diselenggarakan oleh Dewan Direktur.

Dewas melakukan seleksi dan pengangkatan dewan direktur yang bertanggung jawab dalam melaksanakan operasionalisasi LPI. Selain itu, dewan pengawas LPI juga bertugas untuk menyusun pengaturan dasar-dasar pengelolaan LPI, sebagai landasan bagi kegiatan operasional lembaga tersebut.***/din

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *