Connect with us

Kabar

Bersih Desa Arjawilangun Malang Digelar Satu Minggu Penuh

Published

on

MALANG, JAYAKARTA NEWS – Acara Bersih Desa yang digelar masyarakat Arjawilangun Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang, sungguh luar biasa. Betapa tidak, acara yang lazimnya digelar 1-2 hari, oleh masyarakat Arjawilangun digelar seminggu penuh, mulai 23 Mei hingga 30 Mei 2023.

Beberapa kegiatan budaya seperti Kirap Pusaka, Pergelaran Seni, Lomba Marathon hingga Pameran UMKM digelar dalam acara tersebut.

Purwanto atau yang akrab dipanggil Ki Bimo tokoh masyarakat desa Arjawilangun mengatakan, acara ini digelar setiap tahun dengan partisipasi masyarakat yang sangat luar biasa. Di desanya, kata Purwanto, banyak sekali organisasi, baik kepemudaan, keagamaan serta organisasi masyarakat lainnya yang menggelar acara masing-masing bahkan mendatangkan artis nasional.

Terkait anggaran yang diperlukan, Purwanto menyebut kisaran ratusan juta, namun masing-masing warga hanya membayar iuran sebesar Rp. 30.000,- sampai Rp. 50.000,-.

“Partisipasi masyarakat desa yang majemuk sangat luar biasa, baik secara individu, keluarga maupun organisasi. Mereka berkontribusi besar dalam acara yang sudah kami gelar puluhan tahun,” ujar Ki Bima, tokoh masyarakat yang juga berprofesi sebagai dalang ini.

Sementara itu, Ki Bagong Sabdo Sinukarto, Ketua Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jawa Timur yang hadir bersama Wakil Ketua FPK Jawa Timur, dr. Dian Agung Anggraeni mengatakan, sangat mengapresiasi partisipasi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan kebudayaan di desanya.

Sejauh pengamatan Bagong, baru di sini ada acara kebudayaan tingkat desa yang digelar hingga satu minggu. Beberapa seni tradisional yang ditampilkan seperti Tayub, Wayang Kulit, Reog Ponorogo, Campursari, Jaranan, Rampak Barong, Orkes Melayu juga Kirap Pusaka serta Pawai Budaya.

Di sisi lain perekonomian masyarakat terangkat dengan adanya Bazar UMKM dan juga banyaknya warga yang berjualan hampir di sepanjang jalan desa.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya untuk masyarakat Arjawilangun atas partisipasi dan peran aktifnya memajukan kebudayaan yang juga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat” ujarnya.

Perlu diketahui, masyarakat Arjawilangun sangat majemuk dan toleransi agamanya sangat luar biasa. Mengingat berbagai agama mulai Hindu, Islam, Kristen, Katolik bahkan Penghayat Kepercayaan bisa hidup berdampingan dengan rukun. (Nova)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *