Belajar Bahasa Inggris ala Anak ‘Jaman Now’

 Belajar Bahasa Inggris ala Anak ‘Jaman Now’

BAHASA Inggris merupakan bahasa pertama yang digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi antara orang satu dengan yang lain di seluruh dunia. Tak lazim bagi kita untuk mempelajarinya. Apalagi memasuki era globalisasi dan informasi seperti sekarang ini, bangsa kita (Indonesia) dituntut untuk mampu bersaing dengan bangsa – bangsa di negara lain. Dalam era zaman now, kita dituntut untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan suatu kewajiban dikarenakan hal tersebut dapat menentukan kemampuan bangsa didalam dunia persaingan yang ketat ini. Oleh karena itu, bahasa Inggris sebagai bahasa asing mempunyai posisi yang sangat strategis.

Universitas Mercu Buana dengan program mata Kuliah Peduli Negeri melalui Agus Zulikar (coordinator), Herningsih, Reni Andriyani, Resta Prasodjo, dan Siti Sarah, yang semuanya dari Fakultas Ilmu Komunikasi program studi Public Relations, menerapkan ilmu yang mereka dapatkan dalam mata kuliah tersebut dengan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat memberikan pengetahuan seputar belajar mengucapkan bahasa inggris yang baik dan benar.

Agus Zulikar, koordinator kegiatan “English Fun” Learning English With Millenial Generation menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan ini ingin memberikan edukasi berbahasa Inggris yang baik dan benar tidak hanya kepada mahasiswa tetapi juga kepada masyarakat. Kenapa kepada masyarakat juga karena masyarakat sudah sadar Bahasa inggris sudah menjadi Bahasa internasional, dimana Bahasa inggris sudah banyak digunakan dikalangan masyarakat namun masih banyak salah dalam pengucapannya.

Agus mengatakan lagi, dibiasakannya kesalahan dalam pengucapan sehingga menjadi budaya yang terus menerus inilah yang coba kita sampaikan melalui edukasi menggunakan Bahasa inggris yang baik dan benar. Dan memang sudah seharusnya anak-anak generasi millenial sudah melek Bahasa inggris dan seharusnya mereka juga dengan mudah mendapatkan akses dalam belajar Bahasa inggris.

“Sebenarnya target sasaran kegiatan ini anak-anak jaman now dengan tujuan agar mereka paham dan bisa menggunakan bahasa Inggris yang sesuai, meningkatkan kesadaran anak jaman now tentang pentingnya belajar Bahasa inggris di era globalisasi saat ini, dan memberikan edukasi kepada anak jaman now untuk bisa lebih memahami dalam pengucapan kata-kata Bahasa inggris yang benar,”Ucapnya setelah acara, Selasa, 24/07/2018.

Dikatakan lagi, metode atau cara penyampaian edukasi ini dengan menghadirkan narasumber yakni Nicole Lee, CEO & Co-Founder of Fix Productions, Putra Sigar, Creative Director & Co-Founder of Fix Production, dan Eqy Riqly, Honorary Member of Fix Production. Ketiga narasumber memberikan edukasi dengan cara belajar sambil bermain yakni permainan mengambil sebuah kertas yang didalamnya sudah terdapat tulisan dan selanjutnya mereka yang mengambil diminta untuk mengucapkannya. Tidak hanya melalui permainan, metode lain juga dengan melalui tayangan video yang dibuat oleh narasumber.

Agus menjelaskan bahwa cara para narasumber lakukan dalam memberikan atau menyampaikan edukasi pengucapan Bahasa inggris dengan benar bisa dibilang cukup unik, dalam artian, kita mengetahui bahwa anak muda jaman sekarang jika diajarkan secara langsung atau di dikte mungkin ada sedikit tersinggung. Nah metode dari narasumber inilah yang akhirnya membuat mereka sadar dan tidak tersinggung ketika di dikte dalam pengucapan Bahasa inggris.

“Video parodi tentang pengucapan Bahasa inggris yang salah dan kemudian dibenarkan mereka tampilkan. Dan terbukti dengan metode ini banyak anak jaman now yang mulai merasakan kekeliruannya dalam pengucapan,”katanya lagi.

Dan satu langkah awal yang diambil yakni dengan video parodi yang dishare ke berbagai media social dengan tujuan juga ingin melihat respon atau reaksi dari kaum millenial sekarang dengan tanggapan yang positif atau negative. Ketika terjadi tanggapan positive yang kita harapkan yakni akan terciptanya agen perubahan. Nah agen perubahan inilah yang pada nantinya akan ikut terjun ke masyarakat memberikan edukasi tentang penggunaan Bahasa inggris yang baik dan benar.

“Ini merupakan satu langkah awal yang kita ambil daripada kita diam sama sekali melihat, mendengar anak-anak jaman now termasuk saya didalamnya mengucapkan kata-kata bahasa inggris yang salah. Ini merupakan awal yang bagus sambil melihat kedepannya kita menggunakan metode apa lagi yang bagus untuk memberikan edukasi selanjutnya,”Ujarnya.

Rini hadir dalam kegiatan English Fun yang diadakan oleh teman-teman kuliah Peduli Negeri mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan membantu serta membuka wawasan dirinya perihal pengucapan Bahasa Inggris, mengajak kita untuk merubah kebiasaan yang salah menjadi benar.

“Ternyata ribet juga ya jika pengucapannya dilakukan secara benar. Aku tadi berfikirnya sudah benar loh ngucapinnya eh kok ya tetep masih dibilang salah,”Jelas Rini Widyowati, Mahasiswi Fasilkom Universitas Mercu Buana. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *