Beberapa Hal yang Perlu Dipahami dalam Perawatan Gigi

 Beberapa Hal yang Perlu Dipahami dalam Perawatan Gigi

 

KEHADIRAN dokter gigi pada dasarnya bertujuan untuk menawarkan berbagai perawatan gigi dan mulut, yang dimaksudkan untuk mencegah kerusakan gigi dan kehilangan dan penyakit gusi.

Perawatan gigi meliputi tindakan pemeriksaan umum (pemeriksaan rutin), penskalaan dan pembersihan, penutupan fissure, penambalan dan restorasi, ekstraksi, pemasangan gigi palsu dan perawatan ortodontik.

Semua orang, termasuk anak-anak, harus mengunjungi dokter gigi setidaknya sekali setiap enam bulan. Ingat, gigi permanen hanya tumbuh satu kali dalam hidup mereka, tidak ada lagi gigi setelah gigi permanen tanggal / rusak.

Risiko kerusakan gigi, penyakit gusi dan kehilangan gigi, dapat diminimalkan dengan selalu menjaga kebersihan mulut, diet rendah gula, penggunaan pelindung mulut saat berolahraga, dan kunjungan ke dokter atau gigi profesional perawatan kesehatan dan lain-lain dengan mulut di setidaknya enam bulan.

Teknik modern yang sekarang digunakan oleh dokter gigi berarti bahwa perawatan gigi diterapkan, solusinya akan, tanpa atau dengan sedikit ketidaknyamanan untuk Anda. Di bawah ini adalah beberapa perawatan umum yang dilakukan oleh dokter gigi.

Pemeriksaan gigi rutin
Dokter gigi memeriksa seluruh gigi dengan alat kecil yang ditempatkan di mulut Anda, seperti cermin dan alat kecil lainnya. Dokter gigi akan mencoba menemukan masalah peluruhan, penyakit gusi dan penyakit lain yang mungkin ada.

Jika dokter gigi mendeteksi masalah dengan masalah gigi yang sulit dilihat dengan mata, misalnya kemungkinan kerusakan antara dua gigi yang saling bersentuhan, dokter gigi dapat melakukan X-ray (radiografi). Jika ada masalah, dokter gigi akan menawarkan opsi perawatan, dan menentukan biaya dan kemungkinan waktu menunggu ketika perawatan / tindakan dapat diambil.

Pembersihan skala dan gigi
Perawatan scaling dan membersihkan gigi digunakan untuk menghilangkan kotoran pada gigi. Kontaminan ini termasuk: partikel makanan, plak lunak dan karang gigi sulit (karena akumulasi mineral terus menerus dari air liur dan plak – kadang-kadang juga disebut sebagai tartar).

Dokter gigi kemudian membersihkan atau melumasi gigi dengan pasta abrasif dengan sikat berputar. Ini akan membantu mengobati dan mencegah penyakit gusi. Dokter gigi Anda juga memberikan saran atau nasihat tentang cara menjaga kebersihan mulut Anda hingga kunjungan berikutnya, karena penting untuk membantu menjaga kesehatan gusi.

Fissure sealant
Sealing agent melindungi terhadap pembubaran. Gigi utuh dengan pembukaan yang dalam benar-benar dapat diobati, tetapi gigi yang paling sering dirawat adalah gigi geraham dan gigi premolar.

Sealant adalah cairan plastik yang tahan lama di atas permukaan gigi. Lapisan ini membentuk penghalang fisik yang menghalangi akumulasi makanan dan bakteri lain di gigi. Fissure sealants biasanya direkomendasikan untuk anak-anak karena mengurangi risiko kerusakan gigi permanen.

 

 

Tambalan gigi
Kerusakan yang disebabkan oleh munculnya gigi berlubang di gigi diobati dengan tambalan gigi. Dokter gigi menggunakan bor dan alat lain untuk menghilangkan bagian-bagian gigi yang rusak. Rongga kemudian dibersihkan, dikeringkan dan ditambal dengan bahan pengisi.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *