Batik Marunda: The Power of Gotong Royong

 Batik Marunda: The Power of Gotong Royong

Batik Marunda– foto fashion week 2020

JAYAKARTA NEWS— Senayan City dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta bekerja sama dengan ibu-ibu warga Rusunawa Marunda, DKI Jakarta menampilkan sejumlah koleksi batik Marunda dalam peragaan busana bertajuk “Membatik untuk Ibu Kota Jakarta” di  Jakarta Fashion Week (JFW) 2020 di Fashion Atrium Senayan City, Jakarta, Kamis (24/10).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah DKI Jakarta, Fery Farhati Ganis, menyampaikan bahwa eksistensi batik Marunda bermula saat Dekranasda DKI Jakarta mulai menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan membatik yang mengikutsertakan sejumlah ibu-ibu warga Rusunawa Marunda. Program tersebut diharapkan mampu membantu mereka dalam memperoleh penghasilan tambahan serta meningkatkan kreativitas dan inovasi melalui produksi Batik Marunda. Untuk membuat motifnya, Dekranasda menggandeng desainer Wendy Sibarani dan Irma Gamal Sinusar.

Melalui konsep kerja gotong royong, produksi Batik Marunda terbagi atas tiga proses pembuatan yang melibatkan kontribusi dari ibu-ibu di tiga rusun yang berbeda. Proses canting batik dilakukan oleh ibu-ibu dari rusun Rawa Bebek, proses pencelupan oleh ibu-ibu Rusun Marunda, serta proses penyulaman oleh ibu-ibu Rusun Besakih. 

Fery berharap, melalui keikutsertaan di JFW 2020, Batik Maruna dapat menarik perhatian para pebisnis dan desainer. “Dengan begitu akan makin meningkatkan antusiasme ibu-ibu Rusunawa Marunda dalam menghasilkan beragam inovasi dan kreasi di kemudian hari,” tutup istri Gubernur DKI, Anies Baswedan ini.***/jfw2020/ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *