Connect with us

Kabar

Baru 20 Persen Bacaleg Kota Bogor Lolos Administrasi KPU

Published

on

BOGOR, JAYAKARTA NEWS— Hasil Rapat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor tentang verifikasi administrasi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Kota Bogor Tahun 2024 baru mencapai 20 persen yang sudah melengkapi syarat-syarat (MS) dari 833 orang bacaleg.

“Seluruh partai politik yang sudah mendaftarkan bacalegnya, telah terverifikasi 170 orang bacaleg dengan status MS (Memenuhi Syarat). Lainnya 633 bacaleg statusnya BMS (Belum Memenuhi Syarat),” tegas Ketua KPU Kota Bogor Syamsudin saat Rapat pleno KPU di Bogor, Jumat (23/6/2023) lalu.

Ikut hadir pada rapat pleno KPU selain perwakilan 17 partai peserta Pemilu, tampak KPU menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Polresta Bogor, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pengadilan Negeri Bogor, Kantor Kementerian Agama dan Psikolog. Mereka mewakili institusi masing-masing untuk saksi pengecekan keabsahan verifikasi administrasi bacaleg.

Bagi bacaleg dengan status BMS masih ada waktu perbaikan hingga tanggal 9 Juli mendatang. Semua proses perbaikan administrasi disampaikan melalui Pimpinan Partai Politik masing-masing.

Bacaleg tidak perlu langsung datang ke KPU. Hingga batas akhir perbaikan jika tidak ada koreksi lebih lanjut sesuai data hasil Rapat Pleno KPU, maka dianggap bacaleg bersangkutan tidak melanjutkan ke tahap berikutnya.

Rapat Pleno KPU Kota Bogor (23/6/2023)

Ketua Partai Kebangkitan Nusantara Kota Bogor Andhika Karuna mengakui masih banyak bacaleg belum melengkapi persyaratan administrasi calegnya. Bahkan diakui partai yang dia pimpin belum ada yang lolos.. Statusnya semua masih BMS.

Karena itu lanjut Andhika, waktu dua minggu ini dia fokus pada pembenahan kelengkapan administrasi bacaleg.

Saat pendaftaran bacaleg yang berlangsung dari tanggal 1-14 Mei lalu, PKN Kota Bogor memang mendaftarkan maksimal kuota 50 orang bacaleg. Namun dalam proses penggarapan status bacaleg yang sudah berlangsung hingga saat ini, aktivis muda Kota Bogor ini agak ragu bacaleg yang diajukan akan melengkapi semua kebutuhan administrasi yang diperlukan.

“Saya bersama unsur pimpinan terus melakukan koordinasi dengan bacaleg. Sayangnya yang kelihatan serius melanjutkan berjuang untuk menjadi legislator hanya kisaran separuhnya,” jelas bacaleg daerah pemilihan Kota Bogor Barat ini tetap optimis seraya menegaskan targetnya tetap ada wakil legislator pada setiap dapil.

Seperti diketahui, Kota Bogor memiliki 5 dapil pada Pemilu 2024 nanti. Sementara ini, proses penetapan Daftar Calon Sementara akan berlangsung hingga 12 – 18 Agustus 2023. Sedangkan, jadwal KPU untuk penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) akan diumumkan pada Rapat Pleno KPU Kota Bogor 4 November 2023 mendatang. (Nat)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *