Bandara Silangit Diresmikan, Wisman ke Toba Makin Mudah

 Bandara Silangit Diresmikan, Wisman ke Toba Makin Mudah

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) terus berupaya mewujudkan komitmen pemerintah buat mencipttakan babak baru dalam dunia pariwisata di Indonesia. Salah satunya, dengan membangun dan memperbaiki sejumlah proyek infrastruktur buat mendukung upaya pengembangan pariwisata di setiap daerah, khususnya Dana Toba dan sekitarnya, sebagai salah satu kawasan wisata yang dipersiapkan untuk menjadi destinasi internasional.

Komitmen pemerintah ini diwujudkan dengan diresmikannya pengoperasional Terminal Bandar Udara Internasional Silangit, Jumat (24/11) lalu. “Saat ini, pemerintah sedang membuat ledakan baru di dunia pariwisata. Ketika gerbang menuju keindahan Danau Toba yang menyimpan sejarah bumi dan kekayaan seni budaya suku-suku di Tano Batak terbuka lebar,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi meyakini dengan adanya Banda Udara Internasional Silangit ini, pengembangan pariwisata dan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan Dana Toba tentunya akan semakin meningkat. “Inilah gerbang bagi wisatawan berkunjung, gerbang kreativitas dalam pelestarian adat Batak, gerbang untuk Marsipature Hutanabe,” papar Presiden lagi.

Agar apa yang diinginkann tercapai, Presiden minta Menteri Perhubungan segera memperpaanjang runway Bandar Udara Internasional Silangit dari 2.650 meter persegi menjadi 3.000 meter persegi. Penambahan inii penting, agar pesawat berbadan lebar bisa masuk ke Silangit dan membawa jutaan wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. “Paling lambat 2020, paling lambat berarti bisa maju 2018 atau 2019 dan terminalnya dari 3.000 m2 menjadi 10.000 m2,” paparnya.

Dalam peresmian Bandara Silangit ini, Presiden Jokowi melakukan cara berbeda dari biasanya yakni dengan memukul gondang. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi juga menyelipkan sejumlah bahasa daerah Toba. “Bukka ma pittu, bukka ma harbangan. Ai nunga rade labuan ni hopalhabang internasiona,” kata Presiden Jokowi yang berarti siapkan diri untuk berubah karea sudah tersedia lapangan terbang internasional. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *