Connect with us

Kabar

Apresiasi Desainer Muda, Disbudpar Jatim Gelar Youth Moslem Fashion Style III

Published

on

MALANG, JAYAKARTA NEWS– Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur menggelar Youth Moslem Fashion Style III 2023, di Taman Krida Budaya Jawa Timur Malang, Minggu (19/3).

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan yang dibacakan Kepala Bakorwil III Malang, Budi Santosa mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

Kondisi ini turut menjadi peluang bagi Jawa Timur untuk menggerakkan desainer kalangan muda di sektor budaya dan desain busana muslim.

Kegiatan ini diarahkan sebagai ajang eksplorasi para desainer muda untuk meningkatkan kualitas karya, membangun ekosistem fashion, serta terus berprestasi hingga kancah nasional dan global.

“Pemerintah berharap agar informasi tentang kreativitas karya fashion Jatim bisa tersebar lebih luas dengan adanya platform digital. Selain itu terjadi proses bisnis yang memberikan keuntungan bagi para desainer dan produsen wastra di Jatim,” jelasnya.

Senada, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Hudiyono menuturkan, Pemprov Jatim berharap kegiatan ini bisa membawa dampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui seni dan budaya.

“Kuncinya IKI, inisiasi, kolaborasi, dan inovasi. Kita ingin meningkatkan nilai-nilai budaya melalui pertunjukan semacam ini,” kata Hudiyono.

Kadis Hudiyono pun ingin mengembangkan kegiatan serupa di 596 Desa Wisata di Jawa Timur.

“Nanti kita akan menugaskan taruna budaya melatih di desa-desa supaya anak-anak bisa tari, fashion show, dan sebagainnya. Supaya desa-desa tersebut mengembangkan nilai budaya, seni, sport tourism, dan lain-lain,” terang Hudiyono.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur, Aliyadi Mustofa menjelaskan, sebagai mitra Disbudpar Jatim, pihaknya tentu mengapresiasi setiap langkah inovasi dan terobosan baru.

“Kami akan mendukung langkah-langkah itu, terutama yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat Jatim. Terima kasih juga pada desainer muda. Ini momentumnya pas sekali kita akan memasuki bulan suci ramadan. Semoga memberikan dampak dan manfaat kepada masyarakat Jatim,” ucapnya.

Rangkaian acara kegiatan Youth Moslem Fashion Style III 2023 ini berupa casual moslem model competition, kids moslem runway, dan moslem youth market.

Dalam kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada koreografer Agoeng Soedir Poetra dan 11 desainer, yaitu: Mandja by Ivan Gunawan, Jakarta, Andy Sugix, Malang, SMK Negeri 3, Malang, Feyzion by Zizi, Malang, Ardalano, Malang, Eva Unique Accessories, Malang,
Arva School of Fashion by Sheza, Surabaya, Ronie Parero, Jember, Kiki Mahendra, Tulungagung, Ocha Laros Indonesia, Banyuwangi dan SMKN 1 Pelaihari, Kalimantan Selatan. (poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *