Apple Rayakan Model iPhone Baru, Pemasok Tetap Stagnan

 Apple Rayakan Model iPhone Baru, Pemasok Tetap Stagnan

DENGAN  serangkaian perangkat baru dan nilai pasar perusahaan sebesar $ 1 triliun, Apple Inc. telah memberikan alasan yang tepat bagi investor untuk merayakannya. Namun kegembiraan itu tampaknya  tidak dinikmati sepenuhnya oleh pemasoknya di Taiwan, yang mengalami stagnasi pertumbuhan pengiriman.

General Interface Solution Holding Ltd.,  adalah emiten  terburuk sebagaimana tergambar dalam Indeks MSCI Taiwan selama setahun terakhir, yang mengalami penurunan  58 persen. Adapun  dua perakit utama iPhone, yakni  Hon Hai Precision Industry Co dan Pegatron Corp, mengalami kemerosotan  lebih dari sepertiga.

Fokus Apple dalam menjual perangkat dengan harga lebih tinggi, serta konten dan aksesori mengarah pada peningkatan pendapatan dan laba, bahkan ketika jumlah iPhone yang dikirimkannya tetap sedikit perubahannya.

Pembuat perangkat keras Taiwan sedang berjuang untuk menyesuaikan dengan dinamika baru tersebut, karena mereka bergantung pada jumlah perangkat yang terjual untuk pendapatan mereka, dan tidak ada celah  pendapatan apa pun dari bisnis utama pelanggan lainnya.

“Pemasok Apple tidak lagi menargetkan  investasi yang menarik, karena jumlah unit yang terjual tidak bertambah dan ada beberapa terobosan teknologi,” kata Christine Wu, wakil presiden di Yuanta Securities Investment Trust.

Perakit seperti Hon Hai dan Pegatron membutuhkan volume lebih tinggi untuk mendorong pertumbuhan laba, kata Kevin Liu, fund manager di Eastspring Securities Investment Trust di Taipei.

“Tingkat utilisasi pabrik yang rendah tentu akan merugikan profitabilitas pemasok. Lebih lanjut, strategi Apple untuk memastikan keuntungannya sendiri adalah untuk memotong harga yang diminta pemasok saat merekrut lebih banyak pemasok, “kata Liu.”

Susun margin dipengaruhi oleh kenaikan komponen dan biaya tenaga kerja, ditambah iPhone tidak cukup laku, sehingga saham masih lemah. ”

Sementara perusahaan Taiwan secara tradisional memiliki kelebihan dalam hal pasokannya ke Apple dan rekan-rekannya, menghadapi investasi besar-besaran saingan mereka di Cina, harus berusaha untuk mempersempit kesenjangan. O-film Tech Co. menggerogoti  pangsa pasar Global Interface dan TPK Holding Co., kata  William Tsai, seorang analis di President Securities.

Apple kini datang dengan iPhone terbaru dengan menghadirkan fitur terbaru.

“Kompetisi China adalah ancaman jangka panjang dan ini adalah bagian dari alasan mengapa kedua perusahaan akan melihat keuntungan mereka turun tahun ini,” kata Tsai.

General Interface telah memberikan rekomendasi untuk memotong setidaknya dua broker sejak awal bulan lalu, termasuk Macquarie yang memperingatkan mengenai hit to margins ketika pelanggan mengubah lini produk mereka dan persaingan dari China meningkat. Menurut perkiraan rata-rata yang dikumpulkan oleh Bloomberg, laba bersihnya akan merosot 23 persen tahun ini.

Pendapatan Hon Hai diperkirakan akan merosot 12 persen tahun ini sementara laba untuk TPK bisa meluncur lebih dari 40 persen.

“Untuk pemasok Taiwan, ada juga persaingan yang semakin meningkat dari pemasok Cina,” kata Manish Nigam, seorang analis di Credit Suisse Group AG.

“Jadi jika unit tidak tumbuh dan pemasok tumbuh dari dua perusahaan menjadi empat perusahaan, jelas itu tidak baik untuk Anda.”

Manfaat bagi pemasok Taiwan mungkin lebih erat terkait dengan harga perangkat terbaru, dengan iPhone yang lebih murah berpotensi menyebabkan pertumbuhan volume.

“Produk Apple tidaksemua akan terserap pasar untuk dikirimkan. Itu akan mengangkat beberapa, tetapi tidak semua, ” Nigam analis dafi Credit Suisse.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *