Anya Geraldine Belajar Bahasa Sunda

 Anya Geraldine Belajar Bahasa Sunda
Anya Geraldine—foto istimewa

Dijumpai usai pemutaran film perdana ‘Yowis Ben 2’, Anya Geraldine yang berperan sebagai Asik mengaku jika dirinya kesulitan saat diminta untuk bicara bahasa Sunda. Banyak adegan yang terpaksa harus diulangi karena kesulitan Anya melafalkannya.

“Aku enggak ada Sunda sama sekali. Aku Solo, Surabaya, aku enggak ada campuran lain. Aku benar-benar orang Jawa, pure 100 persen. Cuma di film ini, aku benar-benar belajar bahasa Sunda dari awal, diajarin sama coach-nya itu Mc Danny,” ucap Anya Geraldine saat ditemui di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (6/3).

Perempuan berusia 23 tahun tersebut mengungkapkan ia menjalani proses syuting selama satu setengah bulan dengan mudah. Meskipun para pemain lain harus bersusah payah karena memikirkan untuk membuat adegan yang lucu.

“Justru menurut aku, film komedi ini paling mudah ya karena berhubung bukan aku juga yang ngelawak di film ini. Aktingnya santai, enggak perlu yang terlalu drama yang kayak gimana dan fun juga waktu lagi syuting itu,” terang Anya.

Dalam film tersebut, Anya dikisahkan sebagai mojang Bandung yang menjalin kedekatan dengan Bayu. Kedekatan Anya dan Bayu ternyata tidak hanya terlihat saat menjalani proses syuting. Namun, itu juga terjadi di kehidupan nyata.

Chemistry-nya baik-baik aja kok, in real life atau infilm, aku ngerasa kami berdua dekat sebagai teman. Jadi begitu sudah syuting bareng, enak ngejalaninnya,” ungkap Anya.

Sementara itu, Bayu Skak menambahkan bahwa dirinya sangat tertantang untuk menggarap film tersebut. Sebab, satu kosakata yang sama akan memiliki makna yang berbeda jika diucapkan dalam bahasa Sunda dan Jawa sekaligus.

“Contohnya (kata) atos. Atos itu kan di Jawa (artinya) keras. Di Sunda, atos itu (artinya) sudah. Kita membuatnya menjadi komedikal. Ngombe di bahasa Jawa itu (artinya) minum, tapi di bahasa Sunda itu (artinya) cebok. Lho, apa ini, maksudnya apa. Nah, itu kita buat jadi frame lucu,” tuturnya.

Pria asal Malang, Jawa Timur tersebut berharap ‘Yowis Ben 2’ mampu mendulang kesuksesan lebih dari film terdahulunya yang rilis pada 2018 lalu. Menurutnya, ia beserta seluruh tim yang terlibat sudah menemukan formula yang tetap untuk menghasilkan karya yang dapat menghibur masyarakat Tanah Air. Film ini pun sempat ditonton oleh Presiden Jokowi pada acara HFN di Malang tahun 2018 yang lalu. (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *