Antusiasme Medan Bahas “Polri dalam Arsitektur Negara”

 Antusiasme Medan Bahas “Polri dalam Arsitektur Negara”
Prof (Ris) Dr Hermawan Sulistyo, MA didampingi guru besar FISIP USU Medan, Prof. Subhilhar, M.A., Ph.D dan Kapolrestabes Medan, Kombes. Pol. Dr. H. Dadang Hartanto, S.H., S.I.K., M.Si. (foto: faisal)

Jayakarta News – Puluhan akademisi, aktivis kepemudaan, tokoh politik, Polri, dan masyarakat umum, tampak antusias mengikuti book review “Polri dalam Arsitektur Negara” dan “Democrati Policing”, di Grand Aston Medan, Sabtu (2/11/2019) pagi ini. Seorang peserta bahkan mengatakan, “Baru kali ini di Medan, ada pembahasan topik serius kepolisian dilakukan secara terbuka.”

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB, menghadirkan narasumber utama Prof. Dr. H. Hermawan Sulistyo, MA, selaku penulis buku, bersama Prof Tito Karnavian. Ia didampingi dua narasumber, masing-masing Kapolrestabes Medan, Kombes. Pol. Dr. H. Dadang Hartanto, S.H., S.I.K., M.Si. dan Guru Besar FISIP Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Subhilhar, M.A., Ph.D.

Prof “Kikiek” Hermawan Sulistyo, mereview kedua buku secara menarik. Hadirin yang sebagian besar belum membaca secara utuh kedua buku, sangat tekun mendengarkan kupasan buku langsung dari penulisnya. Terlebih, profesor yang mantan demonstran semasa mudanya itu, acap menyelipkan deskripsi ihwal apa yang terjadi di internal Polri, sampai ke contoh-contoh kongkrit di dunia kepolisian manca negara.

Lebih menarik, karena bukan hanya isi buku yang dikupas dan didiskusikan, sesekali Prof Kikiek juga menginformasikan kondisi terkini, yang ada di tubuh Polri. Audiens pun mendapatkan gambaran secara lebih utuh tentang postur Polri sebagai institusi sipil. Tak pelak, audiens pun meminta tidak saja kepada Prof Kikiek, tetapi langsung kepada Kapolrestabes Medan, untuk melakukan acara serupa lebih sering. Acara serupa, seyogianya dilakukan di kampus-kampus, atau di komunitas-komunitas. (rr)

Peserta book review “Polri dalam Arsitektur Negara” dan “Democratic Policing” di Grand Aston Medan, Sabtu (2/11/2019). (foto: faisal)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *