Andy F Noya: Hidup ini Singkat, Kebaikan itu Abadi

 Andy F Noya: Hidup ini Singkat, Kebaikan itu Abadi

Andy F Noya (kanan) saat memberi sumbangan kepada Puskesmas. (foto: benihbaik.com)

JAYAKARTA NEWS – Bagaimana membantu seseorang secara cepat dan tepat? Banyak akun memanfaatkan keadaan untuk melakukan penggalangan dana aktif alias penipuan. “Kami menjadi jembatan antara pemberi dan penerima bantuan,” ujar wartawan Andy Flores (F) Noya, founder Benih Baik.

Bersama 2 rekannya yaitu Anggit Hernowo dan Firdaus Juli, Andy F Noya mendirikan situs aplikasi donasi yang terkurasi dan terferifikasi di Indonesia, November 2019. “Mari kita berlomba berbuat kebaikan,” beber Andy, host Kick Andy.

Tujuannya adalah mempermudah calon donatur bertemu kepada publik melalui Benih Baik com secara on line dan membuat penggalangan dana (charity crowdfunding). Ditegaskannya, ia tak menghalangi seseorang berbuat kebaikan.

“Di sini, donatur dapat tahu identitas penerima donasi dan bagaimana keadaannya saat ini. Selain itu, juga jumlah total donasi yang terkumpul akan terupdate secara otomatis dan dapat dilihat secara akuntabel,” urai Andy dalam acara penggalangan dana oleh Sogo untuk Puskesmas, baru-baru ini.

Dari ajakan kepada pelanggan dan pengunjung, retail terbesar ini berhasil mengumpulkan Rp 2,2 Miliar  untuk membeli alat pelindung diri (APD), masker dan PCR (Polymerase Chain Reaction). Semua alat ini disebar ke banyak titik Puskesmas di Indonesia yang masih membutuhkannya di tengah pandemi yang masih marak ini.

Launching beninbaik.com.

Donasi diberikan mulai Rp 50.000 saat transaksi di kasir Sogo yang dibuka 15 Januari sampai 5 April 2021. “Benih Baik yang dipercaya Sogo sebagai ‘jembatan’ segera melakukan penggalangan dana ini. Semua pemangku kepentingan (stakeholders) saling bantu. Kunci terpenting adalah kecepatan dan ketepatan,” sergap Andy lagi.

“Tahun silam, Sogo galang dana untuk kebutuhan nutrisi anak. Tahun ini, untuk Puskesmas di musim pandemi. Kita berdoa, semoga pandemi segera berlalu. Apa yang Sogo lakukan semoga kemudian diinspirasi timbulnya kebaikan lain,” imbuhnya.

Baru setahun usia Benih Baik.com, situs yang berdasar izin dari Kemensos dan Kemenkominfo ini berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 60 Miliar dan disebarkan ke mereka yang membutuhkan kedalam 10 kategori : kemanusiaan, pendidikan, kesehatan, keagamaan, usaha bisnis, kebudayaan, hewan, lansia, anak dan lingkungan.

“Kiat kami adalah peduli kepada sesama, tanpa dilihat etnis dan keyakinannya. Mari berlomba berbuat kebaikan,”   punkas Andy F Noya. Benar, bahwa hidup ini singkat. Tapi kebaikan itu abadi. (pik)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *