Connect with us

Kabar

Anas Urbaningrum Bebas Murni Hari Ini

Published

on

BOGOR, JAYAKARTA NEWS – Mantan Ketua Umum  Partai Demokrat  Dr H. Anas Urbaningrum tepat hari ini, Senin 10 Juli 2023 berstatus Bebas Murni dari hukuman 10 tahun penjara akibat kasus korupsi Wisma Atlet Hambalang Kabupaten Bogor yang disangkakan kepadanya. Sejak April 2023 lalu, mantan anggota KPU Pusat itu  sebenarnya sudah berada di luar  menjalani status cuti menjelang bebas (CMB).

Kasus Hambalang memang sangat fenomenal pada zaman pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Karena selain memakan korban Menteri Pemuda dan Olahraga saat itu, Andi Mallarangeng, tiga anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat M. Nazarudin, Angelina Sondakh dan Anas sendiri ikut dibui.

Anas yang pernah lantang menyatakan ketidak terlibatannya dalam kasus pembangunan Pusat Pelatihan, Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional di Hambalang, Sentul Kabupaten Bogor dengan menyatakan siap di gantung di Monas kalau ada satu sen pun saya korupsi, hingga bebas pagi tadi (10/7) di Kantor Balai Pemasyarakatan di Jl. Ibrahim Adjie Kota Bandung, masih memberi isyarat dia tidak terlibat di pusaran Hambalang.  ´Saya sudah terima sertifikat (bebas murni) hari ini. Karena tidak ada hal-hal pelanggaran, kita anggap saja statusnya cumlaude,´ pernyataan AU singkat dihadapan pendukungnya yang menyambut pembebasaannya di Bandung.

Selama menjalani proses kasus Hambalang memang sangat terasa kental dengan dendam politik setelah AU berhasil menang dalam Kongres Partai Demokrat di Bandung Tahun 2010 lalu, mengalahkan rivalnya Andi Malarangeng dan Marzukie Ali. Saat kongres yang meriah itu, menurut pantauan Jayakarta News yang hadir di lokasi kongres, menggambarkan kesan Presiden SBY saat itu  memberi dukungan peuh kepada mantan jubirnya, yaitu Dr. Andi Mallarangeng.  

Seperti sudah diduga oleh para elit Partai Demokrat ketika itu, Presiden SBY tampak sangat kecewa dan merasa dipermalukan dihadapam  kadernya sendiri. Karena kecewa kalah, SBY selaku Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat tampaknya mengambil alih kekuasaan dengan memberi intruksi  untuk diadakan Kongres Luar Biasa. Akhirnya KLB dilaksanakan di Bali pada 30-31 Maret 2013 dan Anas Urbaningrum ditumbangkan dari kedudukan Ketua Umum Partai Demokrat tanpa kehadiran Anas di KLB.  

Selanjutnya,  saat Anas di Bapas Bandung hanya sebentar saja. Dia datang sendiri dan di dalam ruang pimpinan  hanya sekitar 30 menit untuk  melapor statusnya dan menerima surat  pembebasan murni atas kasus yang mensanderanya cukup lama.

Dengan mengenakan kemeja koko putih menjinjing tas ransel, dia keluar didampingi beberapa pejabat Bapas. Kepala Devisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat,  Kusnali membenarkan pembebasan Anas. “Betul pak Anas (AU) bebas hari ini,” jawabnya singkat atas pertanyaan awak media.

Mantan Ketua Umum HMI Pusat ini menyatakan bahwa dengan status bebas murni, dirinya dapat beraktivitas tanpa hambatan. Dia juga menegaskan dirinya saat ini sudah menjadi orang yang merdeka. Termasuk merdeka terjun ke dunia yang pernah membesarkan namanya, yaitu dunia politik.

“Politik akan diikuti, persisnya seperti apa lihat saja nanti. Insya Allah komunitas saya komonitas politik. Kolam saya kolam politik. Insya Allah saya akan masuk lagi kesitu,” tegas AU memberi isyarat dengan mimik meyakinkan.

Atas desakan pertanyaan  wartawan, masuk ke partai apa nanti dan kapan itu dilakukan, dia menepis bijak.  “Ga boleh dikatakan  disini (Bapas Bandung maksudnya). Tunggu saja, akan saya katakan di tempat lain,” goda Anas dihadapan puluhan awak media yang memenuhi halaman Bapas, Bandung, ingin meliput pembebasannya.

Beberapa sumber kalangan dekat AU yang dihubungi Jayakarta News  membenarkan ada rencana dalam beberapa hari ke depan di Jakarta akan  ada panggung perhelatan politik untuk mantan aktivis yang masih banyak dikagumi oleh yunior-yuniornya khususnya di  kalangan organisasi berpeci hijau hitam, Himpunan Mahasiswa Islam.

Salah satu sumber pimpinan Partai Politik di daerah menyatakan akan mengadakan agenda besar Musyawarah Nasional  Luar Biasa (Munaslub) salah satu parpol peserta Pemilu 2024 akhir pekan ini di Jakarta. Di arena perhelatan partai besutan rekan loyalis AU ini, diagendakan akan ada pidato politik dari Anas Urbaningrum. Seperti apa bentuk panggung yang disiapkan untuk AU di parpol itu, dia memberi sinyal bahwa Mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini akan menempati posisi terhormat. (nat)      

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *