Connect with us

Kabar

Anang Setia Sumarsono, M.Si. ke Partainya saja Setia, Apalagi ke Rakyat Pemilihnya

Published

on

Anang Setia Sumarsono, MSi, Caleg DPR RI Dapil Jabar 1 Nomor Urut 2 dari Partai PDIP. (ist)

BANDUNG, JAYAKARTA NEWS – Jika Anda warga Kota Bandung dan Kota Cimahi, wajib mengingat nama ini: ANANG SETIA SUMARSONO, M.Si. Ia adalah calon anggota legistlatif (Caleg) DPR RI dari Partai PDI Perjuangan nomor urut 2 (dua) Dapil Jabar 1 (Kota Bandung – Kota Cimahi).

Penting mengingat nama, karena dalam lembar kertas suara berwarna kuning nanti, hanya ada deretan nama, tanpa foto. Penting pula mengingat nama Anang Setia Sumarsono, M.Si. karena dari ratusan nama yang beredar di Dapil Jabar 1, dia adalah caleg dengan karakter “SETIA”.

Kesetiaan menjadi penting, di tengah maraknya kekecewaan masyarakat terhadap caleg pilihannya. Banyak kasus terjadi, usai terpilih, sang caleg tidak lagi bisa dihubungi. Tidak ada lagi perhatian seperti saat-saat tebar pesona semasa kampanye.

“Jika boleh memilih, tentu saya memilih Dapil Lampung 1. Kenapa? Karena saya lahir di Lampung dari orangtua Jawa. Pilihan keduanya, adalah Dapil Banten 3, karena saya berdomisili di Lippo Karawaci, Tangerang. Tapi, ketika Ibu Ketua Umum dan Bapak Sekjen PDI Perjuangan menugaskan saya di Dapil Jabar 1 dengan nomor urut 2, maka segera saya sikapi itu sebagai amanah dan privilege yang luar biasa, setia dan tegak lurus terhadap amanah yang diberikan,” papar Anang Setia Sumarsono, M.Si.

Sikap Anang itulah manifestasi dari kesetiaan seorang kader yang telah bergabung ke kandang Banteng Moncong Putih sejak 2018. “Sebuah tanggung jawab dan kepercayaan besar yang harus saya laksanakan semaksimal mungkin,” tekadnya.

Rancangan Tuhan

Dalam perjalanan melaksanakan amanahnya di Dapil Jabar 1, ternyata Anang menemukan apa yang menjadi rancangan Tuhan menempatkan dirinya di sana. Mulai dari Babakan Cibeureum, Kelurahan Cempaka, Kecamatan Andir, Kota Bandung di mana Ibu Mertuanya tinggal sejak tahun 1989, Anang menemukan bebagai permasalahan yang dihadapi masyarakat. Dari situlah Anang mulai mendapatkan dukungan dan doa restu dari warga dan tokoh masyarakat hingga mendukungnya sebagai Putra Pribumi Andir untuk menjadi wakil rakyat di Senayan.

Selama bergabung ke PDIP, Anang dipercaya di beberapa bidang tugas. Antara lain di Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKN P) PDI Perjuangan. Selain itu menjadi staf Komisi VI DPR RI yang membidangi ekonomi dan investasi. Mitra kerjanya antara lain Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Koperasi dan UMKM, BUMN-BUMN, dan lainnya.

Karenanya, tupoksi anggota dewan baginya bukan hal yang asing. Sebab, Anang selama ini memang bertugas mendukung kinerja pimpinan di Komisi VI DPR RI. Beberapa bentuk dukungan yang ia lakukan mulai dari persiapan materi rapat, sambutan hingga draft kesimpulan rapat dengan Menteri dan mitra kerja Komisi VI lainnya. Bahkan Anang juga berjejaring mulai dengan Mitra Komisi VI DPR RI di Kementerian BUMN beserta semua BUMN yang ada di bawahnya, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Kementerian Investasi dan lain-lain.

Banyak sekali kegiatan yang dilakukan bersama mitra, dari ruang lingkup Rapat Kerja, Rapat Dengar Pendapat hingga kunjungan kerja. Di sana Anang melihat, banyak sekali program-program yang disusun pemerintah untuk mengembangkan UMKM dan menuntaskan kemiskinan. Sayangnya belum ada program yang dapat dirasakan masyarakat kota Bandung dan Kota Cimahi. Sehingga dalam amanahnya ini, Anang ingin menjadi jembatan yang dapat menghubungkan program-program di pusat ke seluruh warga Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Anang Setia Sumarson, MSi, Caleg DPR RI Dapil Jabar 1 (Kota Bandung – Kota Cimahi) Nomor Urut 2 dari Partai PDIP sedang berkoordinasi dengan kader partai dan relawan. (ist)

Saat dijumpai di Jakarta beberapa waktu lalu, Anang mengatakan saat ini Jakarta – Bandung menjadi rute rutin. “Di Jakarta menyelesaikan pekerjaan. Di Bandung dan Cimahi blusukan,” ujar Anang sambil tertawa.

Betapa pun, Bandung dan Cimahi kini menjadi “rumah kedua” yang wajib disinggahi tidak saja sejak ia ditetapkan sebagai Caleg DPR RI Jabar 1, tetapi juga ke depan nanti. “Bagi saya, menjadi anggota DPR itu sejatinya harus siap menjadi pelayan masyarakat yang diwakilinya. Siap menjadi jembatan aspirasi. Dan berjuang untuk peningkatan kesejahteraan di Dapil yang diwakilinya,” tegas Anang Setia Sumarsono, M.Si. (rr/a)

Aktivitas Anang Setia Sumarsono, MSi, Calon Anggota DPR RI Dapil Jabar 1 (Kota Bandung – Kota Cimahi) Nomor Urut 2, dari Partai PDIP. (ist)
Continue Reading
Advertisement
2 Comments

2 Comments

  1. Handri saepuloh

    January 24, 2024 at 5:59 pm

    Semoga menjadi dewan yg mewakili rakyat kota bandung dan kota cimahi..

  2. Handri saepuloh

    January 24, 2024 at 6:00 pm

    Semoga menjadi dewan yg mewakili rakyat kota cimahi dan kota bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *