Connect with us

Kabar

Analisa Denny JA Soal 4 Kandidat Cawapres Prabowo Subianto

Published

on

Prabowo Subianto/foto: instagram prabowo subianto

JAYAKARTA NEWS— Denny JA, konsultan yang juga pendiri Lingkaran Survei Indonesia kembali menguraikan analisanya terkait calon bakal wakil presiden (Bacawapres) pendamping Prabowo Subianto.

Sebagaimana diketahui, Prabowo Subianto adalah satu-satunya Bacapres yang sampai sekarang belum mengumumkan siapa pendampingnya dalam Pilpres 2024 mendatang. Sementara Bacapres lainnya, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, bukan hanya telah mendekarasikan Bacawapresnya bahkan sudah mendaftar ke KPU sebagai peserta kontestasi Pilpres 2024, Kamis (19/10/2023).

“Lalu siapakah akhirnya calon wakil presiden yang dipilih oleh Prabowo?  Inilah  isu yang sedang ditunggu-tunggu oleh publik luas, terutama setelah Ganjar mengumumkan cawapresnya Mahfud Md. Sebelumnya,  Anies sudah memiliki cawapresnya Muhaimin Iskandar,” ujar Denny JA melalui keterangan tertulisnya, Kamis (19/10/2023).

Karena desakan  waktu pendaftaran, dalam tempo secepat- cepatnya  Prabowo harus  memilih, Ujar Denny.

Berikut ini uraian Denny JA terkait empat sosok yang digadang-gadang bakal mendampingi Prabowo.

Calon pertama: Khofifah  Indar Parawansa. Ia satu-satunya calon perempuan di antara tiga pasang Capres-Cawapres.  Jumlah pemilih perempuan itu sekitar 50% dari total pemilih di pilpres 2024 nanti.

Khofifah juga kental sekali nuansa NU. Total komunitas NU  kini sebanyak 52%.

Kekuatan lain dari  Khofifah, ia kini Gubernur Jawa Timur. Sementara Jawa Timur adalah kantong suara yang sangat menentukan kemenangan. Yang bisa menang telak di Jawa Timur besar pula kontribusinya untuk menang di seluruh Indonesia.

Kelemahan Khofifah memang pemilihnya lebih banyak terkonsentrasi di Jawa Timur saja. Pamor Khofifah kurang meluas secara nasional.

Calon kedua adalah Gibran Rakabuming Raka. Kekuatan Gibran, ia satu-satunya wakil dari generasi milenial yang lahir setelah tahun 1982. 

Total pemilih mileneal, berdasarkan survei LSI Denny JA, September 2023, sekitar 48%. Ini jumlah yang banyak sekali, yang potensial bisa diambil oleh Gibran.

Gibran juga memiliki  “Efek Jokowi”  yang paling besar. Itu karena memang ia putra Jokowi.  Sementara Jokowi sekarang ini sangat populer.

Tingkat kepuasan publik pada Jokowi (approval rating) sekitar 70 sampai 80%.

Gibran juga kuat di Jawa Tengah. Ia satu- satunya Cawapres yang bisa mengimbangi Ganjar di Jawa Tengah. Jika suara Ganjar bisa diturunkan di sana, maka suara Ganjar di seluruh Indonesia juga bisa dikurangi.

Kelemahan dari Gibran adalah resistensi padanya keras sekali di kalangan terpelajar. Itu berkaitan dengan isu dinasti politik. Juga berkaitan dengan usianya, pengalamannya yang dianggap belum berada pada level pemimpin nasional.

Benturan yang disebabkan oleh hadirnya Gibran di pentas Cawapres juga lumayan panas. Ini karena PDIP sebagai partai asal Gibran secara emosional terluka.

Calon ketiga adalah Airlangga Hartarto. Ia ketua umum partai terbesar nomor dua: Golkar. Airlangga  Menko Ekonomi. Ia fasih dengan  persoalan ekonomi, yang saat ini dianggap publik luas sebagai isu paling penting. Apalagi setelah musibah Covid- 19 selama tiga tahun.

Dibandingkan dengan  Cawapres dari Capres lain, seperti Muhaimin ataupun juga Mahmud Md, Airlangga memang menjadi anti tesa yang hebat, jika isu ekonomi yang ditonjolkan.

Kelemahan dari Airlangga, ia rawan dengan isu yang bisa digoreng oleh lawan-lawan politiknya.

Calon keempat adalah Erick Tohir.  Sebagaimana  Airlangga, Erick Tohir juga fasih dengan isu-isu ekonomi. Ia juga fasih dengan bisnis dan usaha. Erick pun dekat dengan jaringan dana besar untuk ikut membiayai kampanye.

Kelemahan Erick,  ia memang tidak memiliki pendukung pemilih yang militan di satu teritori, atau satu kantong suara yang besar.

“Satu dari empat tokoh ini, dalam waktu tak lama lagi, akan dipilih oleh Prabowo sebagai pasangan cawapresnya. Dan, eng ing eng…, dimulailah babak politik paling panas, lima tahun sekali,” tutup Denny.***/din

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *