Ada Kubah Raksasa di Dalam Gua Gong Pacitan

 Ada Kubah Raksasa di Dalam Gua Gong Pacitan

KOTA Pacitan di Jawa Timur juga terkenal dengan julukan kota 1001 gua, salah satu yang terkenal adalah Gua Gong Pacitan. Pacitan merupakan wilayah di Jawa Timur yang dikelilingi oleh pegunungan kapur, yang menjadikan tanah di daerah ini kering dan tidak subur.

Pacitan memiliki keindahan bawah tanah yang mempesona berupa gua-gua kapur yang dihiasi stalaktit dan stalakmit. Keindahan Gua Gong memang belum ada bandingannya dengan gua lain yang ada di pulau Jawa. Maka tidak mengherankan kalau wisatawan banyak berkunjung ke sana.

Di pintu masuk gua terlihat  stalaktit dan stalakmit yang indah. Dengan  penerangan yang cukup pengunjung dapat masuk lebih dalam dan menyusuri lorong gua sepanjang 256 meter.

Di ujung lorong terdapat sebuah ruangan yang membentuk kubah rakasa sepanjang 100 meter, lebarnya dari 15 hingga 40 meter dan tinggi 30 meter, seperti hall yang beratap stalaktit.

Stalaktit dan stalakmit dengan aneka bentuk dan ukuran menghiasi seluruh penjuru ruangan. Beberapa diantaranya bahkan diberi nama karena untuk mengabadikan keindahannya seperti Selo Jengger Bumi, Selo Pakuan Bomo, Selo Bantaran Angin, Selo Citro Cipto Agung, Selo Adi Citro Buwono, dan  yang lainnya.

Untuk menjelajahi seluruh lorong dan bagian dalam gua, diperlukan waktu sekitar 2 jam.

Pemerintah setempat telah menambah prasarana di dalam gua seperti tangga, pagar pengaman, penerangan dan kipas angin untuk memudahkan penelusuran.

Di dalam Gua Gong terdapat beberapa ruangan ada  Ruang Sendang Bidadari, Ruang Bidadari, Ruang Kristal dan Marmer, Ruang Pertapaan dan Ruang Batu Gong.

Selain keindahan stalaktit dan stalakmit  ada juga beberapa mata air yang menurut penuturan warga sekitar memiliki kekuatan magis menyembuhkan beragam penyakit bagi yang mempercayainya.

Mata air itu antara lain Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan dan Sendang Relung Nisto. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *