5 Pertanda Stres Sudah Berat

 5 Pertanda Stres Sudah Berat

Oleh: Leo Patty

JAYAKARTA NEWS – Kalau ditanya siapa yang sedang stres, pasti banyak tangan terancung. Banyak dari kita bekerja dan beraktivitas sehingga melelahkan fisik dan mental. Stres bisa mempengaruhi mental kita — jadi cepat marah misalnya. Dan stres juga mempengaruhi kondisi fisik anda, yang pasti – menurut banyak pakar kesehatan – terjadi penurunan kemampuan kekebalan tubuh atau daya imum. Pendeknya, anda jadi mudah terserang penyakit.

Stres ternyata meninggalkan tanda-tanda fisik yang cukup jelas, sehinga anda bisa mengambil satu langkah mundur untuk merenungkan penyebabnya dan mengambil tindakan yang perlu untuk mengatasinya.

Dibawah ini ada setidaknya lima pertanda tubuh anda sudah mengalami stres cukup serius dan perlu diperhatikan;

  1. Tidak bisa tidur

Meski tidak semua kasus insomania atau tidak bisa tidur disebabkan oleh stres, ada hubungan cukup kuat antara keduanya. Jika anda mengalami kesulitan untuk tidur. Dan anda sukar sekali untuk berhenti berpikir dan tidur dengan tenang. Maka tampaknya tubuh anda tengah memberi reaksi terhadap stres yang cukup serius.

  1. Selalu merasa kurang sehat

Stres memang menurunkan sistem kekebalan tubuh anda, yang berarti anda akan mudah sekali kena flu, pilek dan batuk, atau virus yang bertebaran di tempat kerja atau di tempat-tempat umum lainnya. Jika anda sukar atau lama sekali sembuh dari sakit flu, sangat mungkin anda sedang didera stres terlalu besar.

  1. Merasa lelah atau cepat capai.

Jika anda merasa sudah cukup tidur, bisa 6 sampai 8 jam, anda tetap merasa lelah. Tingkat stres, yang sehat, memang bisa meningkatkan motivasi kita untuk bekerja dan berusaha lebih keras lagi. Tapi terlalu stres akan menyebabkan kebalikannya. Pada kasus stres, yang ekstrim, orang merasa tidak ada pemecahan dan akhir dari masalah yang dihadapi dan merasa beban terlalu berat dipikul. Perasaan seperti ini akan makin membuat anda lelah dan merasa kehabisan tenaga.

  1. Selalu merasa sakit di bagian tertentu tubuh atau mengalami otot yang selalu tegang.

Jika anda merasa perlu sering di urut atau pijat, stres bisa jadi penyebabnya. Sakit di otot-otot tertentu, seperti di pundak atau leher, bisa menyebabkan sakit sampai-sampai membuat anda makin susah tidur.

Stres mempengaruhi tingkat adrenalin dan hormone anda, yang punya pengaruh langsung terhadap otot dan sistem syaraf. Ditambah faktor-faktor lain, ketika anda menderita stres berat maka anda akan makin lelah, berhenti berolah raga, dan susah tidur – semua ini makin memperparah sakit otot anda.

  1. Sering sakit kepala

Stres, yang berlebihan, juga menyebabkan sering sakit kepala atau pusing. Pusing anda bisa terjadi selama 30 menit sampai beberapa hari, biasanya ada rasa sakit atau merasa ada tekanan di kepala bagian depan atau belakang. Meski sakit kepala ini tidak membuat anda berhenti bekerja atau berkegiatan lain, tapi melalui pusing tubuh anda memberi pertanda anda sedang mengalami stres yang cukup serius. Jangan biarkan sakit kepala ini hingga hilang sendiri, tetapi harus dirawat dan diobati.

Kalau gejala-gejala di atas cukup akrab dengan anda, sudah waktunya anda dan saya berpikir, dengan serius, untuk mengatasi sebab musabab stres secara efektif. Stres berat yang terjadi berkepanjangan sama sekali tidak baik bagi kesehatan mental dan fisik kita semua. Stres tidak bisa dihindari tapi harus bisa ditangani dan diatur sehingga tidak menjadi terlalu berat.

Sumber informasi:realsimple.com

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *