35 Peserta dari 7 Negara ikut Kompetisi Dangdut Academy Asia 5

 35 Peserta dari 7 Negara ikut Kompetisi Dangdut Academy Asia 5
Peserta dari Thailand (kiri) dan peserta dari Filipina–foto ipik

JAYAKARTA NEWS— Eksistensi musik dangdut saat ini tidak hanya disukai masyarakat tanah air saja. Tetapi juga merambah ke mancanegara dan diakui keberadaannya hingga dunia internasional.

Empat kali Dangdut Asia (DA Asia) dihelat oleh stasiun televisi Indosiar di Jakarta, Indonesia. DA Asia memang tak pernah absen menggaungkan dangdut dengan lebih elegan hingga ke negara-negara jiran. Tahun ini, DA Asia 5 semakin menggelinding dengan bertambahnya satu negara Asia yang akan ikut betkompetisi.

“Bergabungnya Filipina ke DA Asia 5 membuktikan dangdut benar-benar sudah tersebar luas bahkan ke bangsa yang bahasa tuturnya bukan bahasa Indonesia atau bahasa Melayu sekalipun,” kata Ekin Gabriel selaku Division Head Indosiar.

 Di DA Asia 5, Filipina mengirimkan 5 perwakilannya melengkapi 30 kontestan  dari 6 negara lainnya yaitu Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Timor Leste. Jadi total sebanyak 35 peserta dari 7 negara siap dipersatukan di atas satu panggung musik dangdut.

Para komentator (kiri) dan Erin (kanan) peserta dari Malaysia –foto ipik

Indonesia telah menentukan perwakilannya, yaitu pemenang dari kompetisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) : Faul, Randa, Puput dan Sheyla, serta pemenang dari kompetisi  Dangdut Academy Selebrity (DAC) yaitu Maria Calista. Penampilan ke-35 kontestan akan dinilai langsung oleh juri perwakilan dari 7 negara peserta.

Mereka adalah Hans Anuar dan DJ Daffy dari Brunei, Hetty Koes Endang dan Hendro Saky dari RI, Zul 2by2- Man Tabla dari Malaysia, Mayuni Omar dari Singapura, Kerry the Halabala dan Fendi dari Thailand, Didinho dari Timor Leste dan Jett Pangan dari Filipina. Selain para juri, para peserta juga akan diberikan kritik dan saran dari para komentator andal di musik dangdut di setiap episodenya, antara lain Rita Sugiarto, Soimah, Inul Daratista, Nassar, Dewi Perssik, Zaskia Gotik, Fildan (juara 1 D’Star) serta Reza (juara 3 D’Star) dll.

Sedangkan Adibal dan Deddy Pudja dipercaya sebagai coach yang melatih kemampuan vokal dan koreografi dari setiap kontestan. “Kalau sudah di atas panggung, bernyanyilah secara bagus, disiplin dan penuh semangat. Bekerja, bekerja dan bekerja,” ucap Inul Daratista, salah seorang komentator. (pik)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *