Connect with us

Kabar

24 Ribu Rumah Tangga di Jabar Dapat Sambungan Listrik Gratis dari Pemerintah dan PLN

Published

on

Penyalaan listrik program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di rumah penerima BPBL Nur Hasanah, di Desa Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Kamis (7/12). (DOK.PT PLN (Persero))

JAYAKARTA NEWS – Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) 2023 di Provinsi Jawa Barat telah selesai dilaksanakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) bersama PT PLN (Persero).

Dilansir dari Rilis BUMN, Sabtu (9/12/2023), simbolis penyalaan program BPBL ini dilakukan oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu, Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti, dan Wakil Walikota Bogor Dedie Abdu Rachim di Desa Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Sinta Rosita, salah satu warga penerima program BPBL ini mengaku selama ini akses listrik di rumahnya hanya bergantung pada akses rumah neneknya. Hal ini membuat dia harus bergilir dalam mengoperasikan elektronik di rumahnya bergantian dengan keluarganya yang lain.

“Dari dulu numpang listrik di rumah nenek. Bayarnya patungan. Kadang juga suka jepret karena gak kuat, jadi harus gantian. Perasaan saya alhamdulillah bersyukur sekali dengan adanya listrik gratis ini. Saya bisa jualan jadinya dengan adanya listrik ini. Anak-anak juga bisa belajar. Terima kasih sekali kepada pemerintah dan PLN,” kata Sinta.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mengapresiasi kerja keras Pemerintah dan PLN dalam memberikan akses listrik ke masyarakat. Menurut Eddy, program BPBL ini sangat penting untuk masyarakat, karena kehadiran negara bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Menurut saya, program ini penting sekali, karena program ini betul-betul menyentuh masyarakat. Ini membuka peradaban baru dan mencerahkan masyarakat. Terasa sekali perubahannya, terasa sekali dampaknya, secara keberdayaan masyarakat juga merasa memiliki sebuah kekuatan yang lain,” kata Eddy.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu menjelaskan adanya program BPBL ini merupakan wujud dari kehadiran negara memastikan seluruh masyarakat mendapatkan akses listrik.

“Lima tahun lalu masih ada 2,5 juta masyarakat di Indonesia ini yang tidak mendapatkan akses listrik. Kami bersama PLN memetakan dan mencari solusinya, ternyata untuk bisa menyambung listrik ke rumah warga, terutama di wilayah terpencil anggarannya besar. Untuk itu, lewat dukungan dari Komisi VII, kita bisa merealisasikannya. Ini sangat bermanfaat dan kami berharap tahun depan, program ini bisa terus dilanjutkan,” kata Jisman.

Jisman mengatakan tahun 2025 targetnya seluruh masyarakat di Indonesia mendapatkan akses listrik. Akses listrik mampu mendorong minat belajar anak-anak sekolah, perekonomian masyarakat desa juga semakin meningkat sehingga mampu mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Wakil Walikota Bogor Dedie Abdu Rachim mengapresiasi upaya PLN dan pemerintah. Program BPBL ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Program ini merupakan upaya kita untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Bogor. Terima kasih untuk PLN, Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR RI,” tegas Dedie.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Edi Srimulyanti menyampaikan komitmen PLN untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan energi berkeadilan di seluruh tanah air melalui pemerataan listrik. Kehadiran listrik PLN melalui BPBL ini diharapkan mampu mendorong roda perekonomian dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sepanjang tahun 2023 ini PLN menjalankan program sambung listrik gratis kepada 125 ribu rumah tangga di 32 Provinsi di Indonesia.

“Hingga hari ini, Alhamdulillah kami telah menuntaskan seluruhnya, bahkan mencapai 105 persen dari target dengan jumlah 131.600 rumah tangga mendapatkan listrik 24 jam,” jelas Edi.

Khusus untuk di Jawa Barat, kata Edi ada 24 ribu rumah tangga yang mendapatkan program ini, sementara untuk Kota Bogor terdapat 2.580 rumah tangga.

Edi juga menjelaskan lewat upaya ini PLN melaksanakan akses energi yang adil dan merata bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Melalui nyala listrik yang baik, diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Ke depannya PLN bersama dengan mitra kerja dan stakeholder terkait akan terus bergandengan tangan, bersinergi, berkolaborasi dan melangkah bersama melaksanakan tugas mulia dari Kementerian ESDM yakni program BPBL,” kata Edi.***/mel