10 Aksi Akuisisi & Merger Apple Inc.

 10 Aksi Akuisisi & Merger Apple Inc.

CEO Apple Inc. Tim Cook

CEO Apple Inc. Tim Cook

JAYAKARTA NEWS – Untuk tumbuh menjadi perusahaan raksasa, Apple Inc. melakukan sejumlah marger dan akuisisi (M&A).  Apple telah menghabiskan lebih dari $ 6 miliar untuk 10 transaksi teratasnya, dan hampir separuhnya untuk mengakuisisi  Beats Electronics senilai $ 3 miliar.

Apple telah melampaui 100 aksi M&A sejak perusahaan ini mengakuisisi NeXT Computer pada tahun 1996.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino ini, secara historis telah menggunakan M&A sebagai alat untuk memperkaya produk dominannya saat itu, dimana fokus dari waktu ke waktu telah bergeser dari komputer ke smartphone.

Sebagai contoh, saat Apple mengakuisisi  FaceID, teknologi yang memungkinkan para pengguna membuka kunci iPhone X mereka hanya dengan melihatnya, berasal dari aksi M&A Apple dengan visi komputer dan  chip. Pertimbangan ini juga ketika Apple mengakuisisi perusahaan lainnya seperti PrimeSense, RealFace, dan Faceshift.

Berikut ini beberapa akuisisi besar yang dilakukan Apple Inc.:

1. Beats Electronics ($ 3 miliar, 2014) adalah akuisisi terbesar Apple hingga saat ini. Transaksi ini membuat Apple mendapatkan Beats Music, layanan musik streaming langganan, dan Beats Electronics, yang membuat headphone, speaker, dan perangkat lunak audio. Akuisisi ini bertujuan untuk meningkatkan layanan musik Apple dengan membawa eksekutif Beats Electronics.

2. Dialog Semiconductor ($ 600 juta, 2018) adalah akuisisi terbaru dalam daftar 10 besar Apple. Apple memperluas operasi chipnya di Eropa dengan mengakuisisi bisnis PMIC pemasok chip yang berbasis di Inggris, mengambil tim teknik yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun bekerja pada chip untuk perangkat Apple.

3. Anobit Technologies ($ 500 juta, 2011), sebuah startup semikonduktor yang berbasis di Israel, diakuisisi oleh Apple untuk komponen memori flash-nya, bagian penting dari banyak produk Apple, serta untuk tim besar insinyur chip-nya.

4. Shazam ($ 400 juta, 2017), aplikasi identifikasi lagu yang populer, dipandang oleh Apple sebagai “natural fit” dengan layanan streaming Apple Music.

4. NeXT Computer ($ 400 juta, 1996), sebuah perusahaan pengembangan perangkat lunak. Ini adalah akuisisi yang paling awal dari akuisisi besar  yang dilakukan Apple dan digunakan untuk membawa Steve Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan bersama.

6. PrimeSense ($ 360 juta, 2013) adalah perusahaan penginderaan 3D Israel yang digunakan untuk menggerakkan Microsoft Kinect. Sekarang juga di belakang teknologi pengenalan wajah Apple yang termasuk dalam iPhone X.

7. AuthenTec ($ 356 juta, 2012), sebuah perusahaan sensor sidik jari terdaftar yang berbasis di Florida, digunakan oleh Apple untuk mengembangkan solusi pembayaran Apple Pay.

8. PA Semi ($ 278 juta, 2008) adalah akuisisi pertama Apple atas perusahaan semikonduktor. Dilaporkan, salah satu alasan untuk mengakuisisi perancang chip yang berbasis di California adalah ketertarikan Apple pada prosesor berdaya rendah, terutama untuk perangkat seluler.

9. Quattro Wireless ($ 275 juta, 2010) adalah operator jaringan iklan seluler yang diakuisisi oleh Apple setelah raksasa teknologi itu kalah bersaing dengan Google untuk akuisisi AdMob, tepat sebelum peluncuran iPad. Iklan seluler adalah salah satu cara Apple untuk lebih memonetisasi platform selulernya.

10. C3 Technologies ($ 273 juta, 2011) diakuisisi oleh Apple untuk meningkatkan fitur pemetaannya. Startup Swedia adalah akuisisi ketiga Apple di ruang pemetaan, setelah Placebase pada 2009 dan Poly9 pada 2010.

Banyaknya akuisisi besar yang dilakukan Apple tidak lain untuk  membangun dan meningkatkan keberhasilan terbesarnya hingga saat ini, iPhone – dimulai dengan perbaikan kinerja chip, di mana Apple mengakuisisi PA Semi dan Anobit Technologies, dan kemudian juga Dialog Semikonduktor.

Secara keseluruhan, penawaran teratas ini mencerminkan evolusi strategi Apple, dari fokus pada platform Mac (NeXT Computer) pada akhir 1990-an hingga fokus pada seluler (PA Semi, Anobit Technologies) dan layanan seperti Apple Music (Beats, Shazam) baru-baru ini.

Fitur terkenal lainnya dari iPhone yang telah dipengaruhi oleh akuisisi puncak Apple termasuk Maps, dengan C3 Technologies, dan solusi pembayaran yang diaktifkan sidik jari Apple Pay, dengan AuthenTec.***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *