Connect with us

Ekonomi Kreatif

Solo Keroncong Festival 2022 Jadi Ajang UMKM Berkreasi dan Berinovasi

Published

on

JAYAKARTA NEWS, SOLO – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menegaskan, penyelenggaraan Solo Keroncong Festival (SKF) 2022 dapat menggelorakan perputaran ekonomi Solo dan sekitarnya, sehingga berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat secara luas.

“SKF 2022 menjadi kesempatan baik bagi UMKM unggulan Solo, yang berbasis kreativitas dan inovasi untuk unjuk gigi,” kata MenKopUKM Teten Masduki dikutip dalam Rilis, Senin (25/7/2022), saat membuka SKF 2022, di Solo, Minggu.

Sejak dulu, Solo selalu menjadi kiblat untuk mendalami ilmu budaya keroncong. Seiring dengan evolusinya, keroncong bertransformasi dari keroncong tempo doeloe, hingga keroncong modern, begitu pula festival musik keroncong yang juga terus berbenah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka, Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Staf Khusus MenKopUKM Bidang Ekonomi Kreatif Fiki Satari, Kepala Dinas Bidang Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah Ema Rachmawati, dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo Bapak Nugroho Joko Prastowo.

MenKopUKM menambahkan, ajang SKF 2022 yang mengangkat tema “Keroncong Fusion,” menjadi relevan dalam memperkenalkan grup-grup orkes nasional dan internasional ke generasi muda.

Terlebih Solo juga merupakan rumah bagi begitu banyak legenda keroncong. Salah satunya seniman keroncong kota Solo Hj. Waldjinah yang di usia 76 tahun masih berkarya lewat musik keroncong.

“SKF 2022 akan menginspirasi pula lahirnya bibit-bibit legenda keroncong di masa depan,” katanya.

Ia juga berharap penyelenggaraan SKF dapat terus bergulir, tumbuh lebih besar, dan mengukuhkan keroncong sebagai kekayaan budaya Indonesia yang dikenal masyarakat dunia.

SKF 2022 yang diselenggarakan pada dua hari berturut-turut 24 dan 25 Juli 2022 menampilkan musik keroncong yang bercampur padu dengan genre musik popular di antaranya pop, campursari, hingga jazz.

Pada kesempatan itu MenKopUKM Teten Masduki bersama Walikota Solo dan Walikota Sawahlunto, berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan untuk pengisi acara dan bintang tamu.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *