‘Sing Karaoke Smule’, Bernyanyilah

 ‘Sing Karaoke Smule’, Bernyanyilah

APAKAH berlebihan kalau ada yang mengatakan, “sing karaoke smule” bakal menggusur Inul Vista, Diva, dan usaha-usaha karaoke lain? Faktanya, gairah berkaraoke kini bangkit lagi. Bukan di tempat karaoke berbayar, tetapi cukup lewat handphone.

Begitulah fenomena karaoke smule merajalela dewasa ini. Dulu, untuk berkaraoke pilihannya ada dua. Pertama, pergi ke tempat karaoke yang menyediakan hall dan kamar-kamar privat, tinggal pilih sesuai isi dompet. Pilihan kedua, beli stereo set atau sound system dan perlengkapan karaoke, dan berkaraokean di rumah.

Era digital bung… kata teman. Maka sekarang menyanyi pun cukup memakai HP yang sudah berbasis android. Sebelumnya, harus mendunduh aplikasi “sing karaoke smule”, sebuah aplikasi karya Smule tahn 2012, dan diedarkan di app store.

Nah, setelah aplikasi selesai di-download, pilihlah lagu-lagu yang sesuai selera. Di sana ada ratusan atau bahkan ribuan lagu aneka genre. Ada dangdut, pop, rock, reggae, country, sampai campursari.

Seperti pengakuan lelaki bernama Surya asal Ponorogo, Jawa Timur. Dia bilang, untuk menghilangkan penat sekaligus menyalurkan hobi bernyanyi, dia memilih smule. Di samping faktor biaya dan waktu, berkaraoke melalui smule lebih irit dan juga pilihan lagu-lagunya lebih banyak. “Sejak ada smule, bos saya juga jadi jarang ngajak saya ke tempat karaoke. Mungkin dia juga nyanyi di smule sekarang… ha… ha… ha…,” ujar Surya.

Beda lagi yang dilakukan Kang Uzan. Lelaki asal Karawang ini, di saat pikirannya lagi butek disesaki pekerjaan sebagai layouter, dia langsung mencari ruang sepi, seperti ruang rapat atau ruang kantin yang sudah tutup. Nah, di sana, ia menyalakan aplikasi smule dan bernyanyi-nyanyi sendiri. “Setelah itu, pikiran jadi fresh, jadi lanjut kerja pun oke,” kata Uzan.

Siapa nyana, smule ternyata juga bisa membuka peluang seseorang yang bukan siapa-siapa mendadak jadi ngetop. Di Indonesia, misalnya ada Alicked dan Citra Utama. Di Malaysia ada Baby Shima dan Khai Bahar. Dan masih banyak lagi contoh yang lain.

Nah, jika Anda merasa bersuara emas, silakan maksimalkan aplikasi smule. Bernyanyilah, siapa tahu bisa ngetop. Bagi yang suaranya kualitas ‘perak’ atau ‘perunggu’, smule bisa juga dipakai untuk ajang berlatih. Nah, bagi yang suaranya fals, lebih baik tidak mendownload smule…. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *