Rindu Bakpia Durian Ambar Ketawang

 Rindu Bakpia Durian Ambar Ketawang

JANGAN meninggalkan Yogyakarta tanpa bakpia… adalah benar adanya. Makanan khas kota gudeg ini, selain enak buat cemilan, juga menjadi salah satu oleh-oleh yang khas. Tapi yang satu ini, bukan bakpia sembarang bakpia.

Adalah bakpia Kencana, Ambar Ketawang. Ketika sahabatku, Mas Yanto (58) mengajak berburu bakpia Kencana Ambar Ketawang, saya spontan mengiyakan. Saya percaya, sahabat kuliahku ini tidak pernah mengecewakan jika merekomendasikan sesuatu. Termasuk, tentunya, bakpia.

Di luar itu, sejatinya saya terkesan dengan kata “Ambar Ketawang”. Entah mengapa, yang terlintas spontan adalah sesosok gadis mungil Yogya berambut panjang, dengan senyum yang manis. Ah… rupanya bukan itu yang dimaksud. Ambar Ketawang adalah nama daerah sekitar 6 kilometer barat kota Yogyakarta. Tepatnya di daerah Gamping. Ke sanalah, kami berburu bakpia.

Sebagai pusat oleh-oleh, cukup lengkap. Ada wingko, yangko, geplak, gula-kacang, dan masih banyak lagi. Tapi hidung ini langsung tersengat aroma durian, padahal jelas-jelas toko itu tidak menjual durian.

Selidik punya selidik, rupanya selain bakpia rasa kebanyakan (kacang ijo, keju, cokelat, susu, ubi ungu, kubu hitam), Kencana Ambar Ketawang juga menyediakan bakpia rasa durian.

Asep, 28 tahun, petugas kasir menuturkan tokonya tempat bekerja, mengusung konsep “open kitchen”, pembeli bisa langsung melihat proses pembuatan bakpia Kencana. Bau harum durian terus mengusik indra penciuman kami. Sebagai penggemar durian, kami segera beranjak ke arah dapur, bau harumnya lebih terasa. Dapur Ambar Ketawang.

Ternyata bakpia varian rasa durian baru saja selesai dibuat. Senyum manis karyawati yang ramah sepertinya membolehkan kami mencicipi bakpia tersebut. Hmmm… luar biasaa, isi duriannya lumer di lidah. Hangat lembut, tidak terlalu manis. Tak terasa sudah lima buah kami lahap.

Sesuatu yang berbeda dibanding bakpia merek lain. Bakpia Kencana memiliki kontur kulit lebih tipis, tidak kering, lembut, sehingga tidak keras dalam beberapa hari ataupun ketika sudah dingin. Racikan isinya juga lebih terasa, lembut, tidak terlalu manis. Soal harga. So-so…. Harga satu dus bakpia rasa kacang ijo, keju, cokelat, ubi ungu, isi 20 dibanderol Rp 42.000. Sedangkan rasa durian isi 10 dibanderol Rp 55.000.

Tak terasa… sudah lewat dua minggu kami mengunjungimu, tapi lumer durian di lidah serasa masih melekat. Salam rindu untuk Ambar Ketawang…. ***

Digiqole ad

Related post

2 Comments

  • Mantab Bakpianya Pak… Kapan2 ke Jogja pengin beli juga ah… tapi kalau ada sampel boleh di icip dulu tuh pak Edith

  • Bakpia Kencana memang memberi sajian lain oleh2 khas jogja. Walau tetap bakpia tp rasa dan aroma nya berbeda dari bakpia yg biasa kita santap.
    Ada rasa ada harga. Tp not bad lah kl dibandrol 55rb. Kapan mau kirim bakpia kencana nya ke kantor pak Edith ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *