Promosikan Kuliner Lokal, Hasto dan Djarot Masak Mie Balap Krakatau Medan

 Promosikan Kuliner Lokal, Hasto dan Djarot Masak Mie Balap Krakatau Medan

foto istimewa

foto istimewa

Di sela Safari Politik Kebangsaan III, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyempatkan diri untuk memasak dan makan mie pedas ala Kota Medan.

Di ibukota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) itu, tepatnya di Jalan Gunung Krakatau, Medan Timur, ada kerumunan masyarakat di depan seorang koki yang memasak. Mulai pagi hari, kerumunan itu selalu muncul. Di situlah letak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ‘Mie Balap Krakatau’.

Hasto, bersama mantan cagub Sumut Djarot Saiful Hidayat, bersama rombongan, memilih untuk sarapan di tempat itu. Seperti biasa, ketika tiba, mereka disalami dan diajak berfoto oleh pengunjung tempat itu.

Menu di tempat makan itu sederhana. Hanya bihun goreng dan mi kwetiau goreng. Dengan potongan cumi, udang, dan telur. Disajikan juga gorengan seperti bakwan dan risoles. Minumannya teh manis panas, kopi panas, dan kopi susu. Yang membuat sajiannya berbeda adalah rasa pedas dari mi itu.

“Mie Balap Krakatau ini mencerminkan panasnya lahar Krakatau. Makanya ini ada cabainya. Ini ada udangnya, telurnya. Tanpa batas dan semua balapan di mulut dalam cita rasa yang mengenyangkan perut,” ujar Hasto, Sabtu (15/12).

“Pedas. Tapi kalau dipadukan sama bakwannya, jadinya pas. Pedasnya juga jadi imbang,” tambah Hasto.

Benar-benar disukai oleh warga Kota Medan. Antrian pembeli tak terputus.

Ternyata, Hasto tak sekedar hendak sarapan. Dia diberi kesempatan oleh sang pemilik warung untuk ikut memasak. Bersama Djarot, Hasto pun maju ke depan penggorengan dan mulai sreng sreng. Tangannya lihai memainkan sendok goreng, mengaduk adonan. Kelihatan kalau pria asal Yogyakarta itu juga pernah memasak.

“Ini lebih enak bu, jangan khawatir,” kata Hasto sambil tetap menggoreng masakan.

“Kaya protein ini.”

Koki aslinya memasukkan telur ke gorengan yang dipegang oleh Djarot. “Itu dihitung tidak telur yang dimasukkan? Pas tidak (dengan pesanan)?” katanya.

Sesi masak memasak itu berlangsung dengan iringan tawa dari sang koki.

Usai memasak, kepada wartawan, Hasto mengatakan bahwa keberadaan UMKM Mie Balap Krakatau adalah bukti bahwa Indonesia kaya akan cita rasa. Sampai Proklamator RI Bung Karno pun pernah membukukan resep asli masakan Indonesia dalam Mustika Rasa.

“Kami memang punya tradisi. Setiap kami datang ke daerah kami mengangkat seluruh cita rasa dari menu ala Indonesia. Setiap daerah berbeda dan ini menunjukkan kekayaan Indonesia yang luar biasa,” kata Hasto.

“Di bawah Pak Jokowi- KH Ma’ruf, kita bangga dengan menu asli Indonesia. Jayalah Indonesia,” tandasnya sambil menyapa para ojek online yang sedang antri menunggu pesanan di Mail Krakatau.***/ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *