Connect with us

Kabar

Eva Cathrine Juara Lomba Melukis Festival Museum Sumut 

Published

on

MEDAN, JAYAKARTA NEWS – Dalam rangka mengembangkan kreativitas di bidang seni melukis, Museum Negeri Sumatera Utara menyelenggarakan kegiatan lomba melukis tingkat pelajar SMA – SMK di acara Festival Museum Sumut, Kamis (2/3/2023).

Lomba melukis tingkat SMA dan SMK se-Sumatera Utara ini diikuti sekitar 20 sekolah, kemudian perwakilan setiap sekolah ada 3 orang siswa, oleh panitia semua perlengkapan peralatan melukis, mulai dari kanvas, cat dan lainnya disediakan. Dan semua hasil karya dari peserta nanti akan dipamerkan selama Festival Museum Negeri Sumut ini berlangsung.

Sebagai objek yang dilukis para peserta adalah benda-benda peninggalan sejarah yang ada di Museum Negeri Sumut ini, mereka bebas memilih objeknya. Bahkan mereka bisa menggabungkan objek yang satu ke yang lain. Dan masing-masing peserta diberikan waktu dua jam untuk menyelesaikan lukisannya.

“Adapun aspek kriteria penilaian yang dinilai yaitu, ide (kesesuaian tema), kreativitas, originalitas dan penyesuaian akhir atau finishing,” ujar Makmur Digjaya salah seorang juri dalam perlombaan melukis antar pelajar ini, melalui WhatsApp nya, Senin (6/3).

Eva Cathrine Juara 1 dari SMA Methodist 8 Medan. (Foto. Ist)

Pemenang lomba melukis tingkat pelajar SMA – SMK adalah Eva Chaterine, siswi dari SMA Methodist 8 Medan. “Menurut penilaian saya hasil lukisan Eva itu menggambarkan suasana Kota Medan di sekitar Jalan MT. Haryono pada Tahun 1930,” jelas Makmur yang juga seorang perupa, pengajar seni rupa dan pendiri Sanggar Dunia Lukis Sumut.

Lanjutnya lagi, yang menarik dari lukisan ini adalah bangunan bersejarahnya yang dulu dibangun oleh pemerintahan Belanda dengan gaya Eropa Klasik dan suasana jalan pada saat itu masih lengang. Berbeda dengan suasana sekarang yang terlihat padat dan sering terjadi kemacetan. Dalam lukisan itu juga terlihat ada kendaraan tradisional yaitu becak dayung.

“Jadi ketepatan sekali, sebelum diumumkan lukisan itu menjadi juara, lukisan tersebut sudah masuk nominasi tiga besar. Ternyata saat Wakil Gubernur Sumatera Utara, Pak H. Musa Rajekshah melihat-lihat kegiatan di museum, melihat semua hasil karya lukis, lalu Pak Wagubsu memilih itu lukisan yang terbaik,” jelas Makmur.

Selanjutnya Makmur mengirimkan  daftar pemenang lomba melukis SMA – SMK di Festival Museum Negeri Sumut 2023, yaitu Juara I. Eva Cathrine dari SMA Methodist 8 Medan, Juara II. Vyonna dari SMA Methodist 2 Medan, Juara III. Areta Qais Gunawan dari SMA Negeri 7 Medan.

Sedangkan Juara Harapan I. Tri Fena dari SMA PPA, II. Febryan Hosea Sagala  dari SMA Negeri 18 Medan, III. Farah Aisyah Fadillah dari SMA Negeri 1 Medan.

Dan Juara Berbakat I. Thahara Azhari dari MAN 2 Model Medan, II. Agung Fahreza dari SMK Rahmat Islamiyyah, III. Muhammad Permana dari SMK BBC Medan, IV. Cut Chaillah Aniadya dari SMA Harapan 1 Medan, V. Miracle Nathanael Simanjuntak dari SMA Methodist 1 Medan. (Monang Sitohang)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *