“Diplomasi Anjing Labrador” Putin kepada Merkel

 “Diplomasi Anjing Labrador” Putin kepada Merkel

“PERSETERUAN” antara Kanselir Jerman Angela Merkel dan Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin memang klasik. Pernah kejadian, ketika Merkel berkunjung ke Moskow awal 2006, Putin memperlihatkan gaya ‘permainannya’ dengan memberi hadiah boneka anjing —-meskipun dia sudah diperingatkan Merkel tidak suka anjing. Setahun kemudian, ketika sedang berunding di Laut Hitam, dia membiarkan anjing Labrador hitamnya (anjing ini bertubuh besar) memasuki ruangan perundingan.

Toomas Ilyes, mantan presiden Estonia, menggambarkan permainan anjing itu sebagai (intimidasi) klasik KGB. Dia mengatakan Merkel tidak akan mempunyai pandangan ilusi terhadap Rusia dan dia sangat memahami bagaimana Rusia di bawah Putin. “(Ingat) dia besar di negeri Stasi (Jerman Timur). Tentu saja dia mengerti semuanya,” tukasnya.

Kendati begitu, Merkel tetap meneruskan tradisi Jerman untuk secara teratur bertemu dengan para pemimpin Rusia, memposisikan diri sebagai perantara antara Eropa dengan Rusia. Dan tentu saja tetap mempertahankan hubungan dagang, yang sudah belangsung ratusan tahun, antara Jerman dengan Rusia.

Merkel juga melakukan ‘permainannya’ dengan membela demokrasi dan hak azasi manusia.Dia bertemu dengan tokoh-tokoh oposisi Rusia dan menyatakan kemarahannya atas pembunuhan wartawan pro-demokrasi dan kritis terhadap Kremlin (pemerintahan Putin) Anna Politkovskaya pada tahun 2006.

Beberapa hari setelah pembunuhan, Putin kembali mengunjungi Dresden.Dia dan Merkel mengadakan jumpa pers bersama.Saat itu, Putin kehilangan kontrol emosinya dan meledak setelah ditanya soal pembunuhan Politkovskaya. Ledakan emosi Putin dipotong dan tidak disiarkan. Namun para pemirsa sempat melihat Putin memuji Merkel sebagai orang yang bersedia mendengar dan digambarkan sebagai karakteristik yang langka dari perempuan.

Konstantin Eggert, wartawan Rusia yang sering mewawancarai Merkel, mengatakan Kremlin tidak pernah bisa memahami Merkel. Mereka percaya dia sama seperti kanselir sebelumnya yang akan mengikuti apa saja kemauan kalangan bisnis Jerman dan mengikuti tradisi Politik Timur. “Tapi dia (Merkel) tidak menghamba siapa pun, atau apa pun,” tukasnya.

Kohl menerima Gorbachev dengan pelukan sahabat. Schroder (kanselir sebelum Merkel) juga memberi sambutan yang sama, tapi tidak bagi Merkel. “Dia selalu tidak menyukai pendekatan semacam itu,” tutur Stefan Kornelius, penulis biografi Merkel.

Merkel telah membuat kagum Putin dengan kemampuannya memahami persoalan secara detil. Pengetahuan Merkel mengenai Rusia dan kebudayaannya serta kesiapan dia untuk mempertahankan pandangannya —- sama seperti yang selalu dilakukan Putin. Dalam konferensi keamanan di Munich, yang dihadiri Merkel, Putin dengan tegas menyatakan dia menentang Barat dan mengecam dominasi Amerika dalam urusan dunia.

Karl-Theodor zu Gutenberg, mantan menteri pertahanan Merkel, menceritakan ketika banyak pendengar pidato Putin, termasuk para pejabat Amerika, sangat kaget mendengar pernyataan itu. Merkel terlihat sama sekali tidak terkejut. Dia selalu waspada terhadap strategi Putin.

Namun Merkel pernah juga salah perhitungan.Dalam pertemuan NATO di tahun 2008, dia menentang masuknya Georgia dan Ukraina kedalam NATO. Pernyataan bersama hanya menyebutkan kedua negara bisa jadi anggota NATO di masa depan.

Putin memandang NATO ingin merangkul negara-negara bekas Pakta Warsawa.Dan karena tidak ada perlindungan NATO, dia kemudian, menginvasi Georgia dan akhirnya di tahun 2014 menganeksasi Crimea dari Ukraina.Dalam hal ini Putin benar; NATO tidak berindak apa-apa.

Persaingan Jerman dan Rusia (Merkel vs Putin) masih terus berlanjut. Merkel hampir pasti (menurut jajak pendapat) akan terpilih kembali. Namun, menurut pengamat politik, dia tidak lagi sekuat secara politis seperti masa jabatan sebelumnya.Sementara Rusia dituduh ikut campur pemilihan umum Jerman dengan mengangkat isu pengungsi, negara–negara yang ingin keluar dari Uni Eropa, dan radikal Islam. *** (Sumber: New York Times)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *