Buka Pegadaian Sekuritas Run 2022, Ini Harapan Wagub Jatim Emil Dardak

 Buka Pegadaian Sekuritas Run 2022, Ini Harapan Wagub Jatim Emil Dardak

Para peserta antusias mengikuti acara yang dilepas oleh Wagub Jatim Emil Elestianto Darak(foto: istimewa)

SURABAYA, JAYAKARTA NEWS-– Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak memberangkatkan peserta gelaran Pegadaian Sekuritas Run 10K dan 5K.

Sebanyak hampir 800 peserta lomba lari 5k dan 10k diberangkatkan pada Minggu (20/11) di depan monumen Tugu Pahlawan Surabaya.

Dalam acara yang digelar sebagai peringatan Hari Pahlawan Nasional tersebut, diikuti oleh peserta dari seluruh wilayah Indonesia bahkan juga dari mancanegara.

Merespon antusiasme masyarakat yang tinggi, Emil Dardak panggilan akrab Wagub Jatim itu menyatakan bahwa melalui gelaran Pegadaian Sekuritas Run 2022 diharapkan bisa menjadi momen peningkatan literasi keuangan bagi masyarakat.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan hasil Survey Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 mencatatkan Indeks Literasi Keuangan Jatim telah tembus 55,32% dan untuk Indeks Inklusi Keuangan Jatim telah mencapai 92,99%.

Kedua angka tersebut tercatat meningkat dibandingkan tahun 2019. Dan yang lebih membanggakan capaian Indeks Literasi Keuangan maupaun Indeks Inklusi Keuangan Jatim telah melampaui target yang ditetapkan untuk tahun 2024.

Jika selama ini, lanjut Emil, masyarakat akrab dengan instilah Pinjol atau Pinjaman Online berbunga tinggi, maka disini masyarakat bisa mendapatkan informasi terkait pinjaman berbasis aset dengan bunga rendah.

“Menurut saya sistemnya juga bertanggungjawab, karena berbasis aset. Ini yang harus disosialisasikan secara luas,” ungkap Wagub Emil.

Mantan Bupati Trenggalek ini menambahkan, sosialisasi melalui festival yang dekat dengan masyarakat menjadi salah satu cara yang jitu. Harapannya masyarakat semakin aware terhadap fitur-fitur dari pegadaian. Tujuan besarnya adalah agar masyarakat bisa terhindar dari skema-skema keuangan yang justru menjerat seperti pinjol ilegal berbunga tinggi.

Selain itu, kegiatan pinjaman kepada masyarakat seyogyanya bertujuan mensejahterakan bukan menyengsarakan. Untuk itu, pemberian literasi keuangan yang masif kepada masyarakat sangat diperlukan, sehingga bisa membantu dalam pengambilan keputusan keuangan agar menjadi optimal.

“Walau memang (Pinjol) tidak butuh jaminan tapi kadang orang butuh nya besar pasak daripada tiang. Namun dengan adanya jaminan orang bisa menjadi berpikir dulu, karena kita juga ingin masyarakat bisa meminjam dengan bertanggungjawab,” tegas Wagub Emil.

Tidak hanya itu, Literasi Keuangan yang baik juga sangat diperlukan bagi para pelaku UMKM dimana sebagai penyumbang PDRB tertinggi Jawa Timur. Hal ini, diharapkan bisa terus didukung oleh seluruh stakeholder Pemprov terkait, untuk terus menjaga kestabilan perekonomian di Jawa Timur.

Sementara, para peserta lomba lari 5k dan 10k akan memulai start di kawasan Monumen Tugu Pahlawan Surabaya dan melalui jalan-jalan protokol untuk kemudian finish kembali di tempat semula. (poedji)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.