Anda Penderita Kolesterol Tinggi? Rutinlah Konsumsi Teh Hitam

 Anda Penderita Kolesterol Tinggi? Rutinlah Konsumsi Teh Hitam

Ilustrasi teh hitam/foto: dandelionL, pixabay.com

JAYAKARTA NEWS— Ada teh hitam ada the hijau. Keduanya sama-sama bermanfaat untuk kesehatan. Kalau manfaat teh hijau mungkin sudah sering kita dengar. Bagaimana dengan teh hitam? Kabar baiknya, bagi penderita kolesterol tinggi, disarankan untuk rutin mengkonsumsi teh hitam yang konon dapat menurunkan kadar kolesterol.  

Dikutip dari alodokter, teh hitam dikenal baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat teh hitam untuk kolesterol ini berasal dari kandungan antioksidan di dalamnya. Tak hanya itu, teh hitam juga diketahui mampu menurunkan kolesterol tinggi.

Kolesterol adalah lemak yang diproduksi di organ hati, tetapi bisa juga diperoleh dari konsumsi makanan hewani, seperti daging. Dalam kadar yang normal, kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel yang sehat.

Namun, bila jumlahnya berlebihan, kolesterol bisa menumpuk di pembuluh darah dan merusak dindingnya. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kronis, misalnya penyakit jantung. Orang yang menderita penyakit tersebut bahkan rentan mengalami komplikasi berat bila terinfeksi virus Corona.

Meski begitu, konsumsi teh hitam bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mencegah penyakit jantung. Agar lebih jelas, ketahui manfaat teh hitam untuk kolesterol tinggi dalam pembahasan berikut ini.

Alasan Teh Hitam Baik untuk Kolesterol

Manfaat teh hitam untuk kolesterol tinggi diperoleh dari berbagai senyawa alami yang terkandung di dalamnya, seperti flavonoid dan polifenol. Kedua senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan yang dikenal baik untuk kesehatan.

Flavonoid mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Sama halnya dengan flavonoid, polifenol juga terbukti dapat menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap stabil sehingga risiko terkena diabetes pun dapat ditekan.

Karena adanya manfaat teh hitam untuk menurunkan kolesterol, minuman ini bisa rutin dikonsumsi oleh penderita hiperkolesterolemia. Teh hitam sebaiknya dikonsumsi 1–3 gelas setiap harinya. Namun, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya 1–2 jam setelah makan agar tidak mengganggu penyerapan nutrisi dari makanan lainnya.

Selain itu, agar manfaatnya dapat diperoleh secara maksimal, teh hitam sebaiknya tidak ditambah banyak gula atau pemanis buatan. Teh hitam yang tawar justru lebih dianjurkan.

Meski manfaat teh hitam untuk kolesterol tidak perlu diragukan, penelitian mengenai manfaat ini masih terus dikembangkan. Studi lebih lanjut bertujuan untuk menilai efektivitas dan porsi teh hitam yang tepat sebagai terapi untuk kondisi medis tertentu.

Agar Kadar Kolesterol Tetap Normal

Selain dengan mengonsumsi teh hitam, berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kadar kolesterol:

1.Memperhatikan asupan makanan

Perhatikanlah asupan makanan Anda agar kadar kolesterol senantiasa terjaga. Salah satu pemicu naiknya kadar kolesterol adalah kandungan lemak trans dan lemak jenuh dalam makanan berminyak. Oleh karena itu, kurangi konsumsi makanan berminyak, misalnya gorengan, juga makanan cepat saji, makanan berlemak, dan jeroan.

Sebagai gantinya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya serat, seperti apel, pir, oatmeal, dan kacang-kacangan. Serat dipercaya dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah, sehingga kadar kolesterol tetap normal.

2.Berolahraga secara rutin

Olahraga secara rutin diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dianjurkan untuk berolahraga selama 30 menit, setidaknya 5 kali dalam seminggu.

Ada beragam jenis olahraga yang dapat Anda coba lakukan, yaitu olahraga aerobik atau latihan kardio, renang, bersepeda, atau sekadar jalan santai.

3.Meningkatkan aktivitas fisik

Apabila Anda tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga, cobalah untuk menambah aktivitas fisik dengan mengubah kebiasaan kecil, seperti bersepeda maupun berjalan kaki ke kantor atau menggunakan tangga daripada lift jika memungkinkan.

4.Menghentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol

Menghentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi dan mencegah berbagai penyakit kronis, mulai dari penyakit jantung, penyakit paru-paru, hingga diabetes.

Kolesterol tinggi umumnya tidak menimbulkan gejala. Oleh karena itu, lakukan cek kolesterol setidaknya 1 tahun sekali atau sesuai anjuran dokter agar kadar kolesterol selalu terpantau. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari berbagai komplikasi kolesterol tinggi, misalnya hipertensi, stroke, maupun diabetes tipe 2.

Itulah manfaat teh hitam untuk kolesterol tinggi dan cara mudah mengendalikan kolesterol. Namun, bila Anda ingin menggunakan teh hitam untuk mengatasi penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter. Tujuannya untuk menentukan jumlah konsumsi teh hitam yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.***alodokter

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.