Bakesbangpol DKI Luncurkan “Jurnal Demokrasi”

 Bakesbangpol DKI Luncurkan “Jurnal Demokrasi”

JAYAKARTA NEWS –  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI Jakarta meluncurkan Jurnal Demokrasi, edisi April 2019. Untuk edisi kali ini yang terbit menjelang penyelenggaraan Pemilu 2019 mengangkat tema besar tentang “Tantangan Pemilu 2019, Perspektif, Analisis dan Antisipasi”.

Plt Kepala Bakesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri berharap, melalui penerbitan Jurnal Demokrasi sejumlah isu atau masalah krusial di Pemilu dapat dideskripsikan, dianalisis, diantisipasi, dan dicarikan solusinya. Harapannya, Pemilu yang  jatuh pada Rabu, 17 April 2019, khususnya di Jakarta berlangsung Luber, Jurdil (langsung umum bebas dan rahasia, jujur dan adil) khususnya di DKI Jakarta, pun dalam kondisi aman, damai, dan membahagiakan masyarakat.

Taufan mengatakan, Jurnal Demokrasi diterbitkan sebagai wadah bagi para pemikir, peneliti, penggiat demokrasi, Penyelenggara Pemilu dan sebagainya untuk menuangkan gagasannya tentang isu-isu Pemilu, demokrasi, politik, Pancasila, dan lainnya secara kritis dan konstruktif. Selain manfaat dari aspek informasi dan pengetahuan.

Jurnal ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dalam pengambilan kebijakan di bidang politik dan demokrasi di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Selain menerbitkan Jurnal, Kesbangpol DKI Jakarta telah melaksanakan berbagai kegiatan. Di antaranya forum kemitraan, koordinasi, rapat kerja, penguatan institusi demokrasi, sosialisasi pemahaman UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu, dan sebagainya.

Khusus sosialisasi peningkatan pemahaman UU Bidang PolitikTahun 2018 melibatkan sekitar 18.000 warga DKI. Mereka  terdiri dari anggota dan pengurus partai politik (parpol) yang tergabung dalam Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI), Ormas, FKUB, FPK, LSM, mahasiswa, LMK, Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pengawas Pemilu (PPL), Panwascam, Paswaskel, Karang Taruna, dan para pelajar. (*/is)

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *